UPAYA GURU MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL SISWA DI ERA SOCIETY 5.0 DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA UNTUK MEWUJUDKAN SMART AND GOOD CITIZEN
Kata Kunci:
Literasi, teknologi, digital, kewarganegaraanAbstrak
Literasi digital adalah hal yang sangat penting dalam menghadapi tantangan globalisasi pada masa
society 5.0. Dengan sudah majunya teknologi digital, menjadikan adanya keberlimpahan
informasi, tak terkecuali adalah informasi yang tidak jelas kebenarannya atau hoax. Internet
dimanfaatkan siswa untuk menunjang pembelajaran, yakni untuk mencari informasi mengenai
pembelajaran, yang mana hal tersebut berkaitan dengan literasi digital. Pada Pendidikan Pancasila,
maka literasi digital berkaitan dengan kewarganegaraan digital. Maka dari itu, guru Pendidikan
Pancasila harus berupaya menciptakan siswa menjadi warga negara digital yang baik dan cerdas,
salah satunya dengan meningkatkan literasi digital.
Tujuan dari penulisan artikel ini ialah untuk menelaah pentingnya literasi digital dan menelaah
berbagai upaya yang dapat guru lakukan untuk bisa meningkatkan literasi digital siswa di masa
society 5.0, khususnya pada mata Pelajaran Pendidikan Pancasila, agar para siswa dapat menjadi
smart and good citizen.
Adapun dalam penyusunan artikel ilmiah ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif
dan pengumpulan data dengan metode literature review yang relevan atau literature review tentang
peran guru dalam meningkatkan literasi digital siswa di era digital.
Hasil penelitian ini, literasi digital sangat penting untuk para siswa di era society 5.0 dan upaya
gurunya, ialah dengan diberikannya izin ke siswa untuk memanfaatkan teknologi digital untuk
menunjang pembelajaran, pemanfaatan teknologi digital sebagai penunjan pelaksanaan metode
pembelajaran, memanfaatkan teknologi digital sebagai media pembelajaran yang efektif dan
efisien, yakni untuk pembelajaran yang dilakukan secara luring maupun daring. Jadi, dapat
disimpulkan apabila literasi digital harus ditingkatkan dan guru khususnya guru Pendidikan
Pancasila, harus memiliki strategi untuk meningkatkan literasi digital agar menjadi smart and good
citizen.
Referensi
N. L. , W. N. K. C. , & E. N. P. D. Wiratami, “Pengaruh Literasi Digital Pada Generasi Z Terhadap Peningkatan Budaya Literasi Untuk Melahirkan Generasi Penerus Bangsa Yang Berkualitas Di Era Kemajuan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi.,” in Prosiding Pekan Ilmiah Pelajar (PILAR), 2023.
P. Lydiasari, “Kemampuan Literasi Guru dan Siswa di Indonesia Masih Lemah. Suara Merdeka.,” https://www.suaramerdeka.co m/nasional/pr- 04108887/kemampuan- literasi-guru-dan-siswa- di- indonesia-masih-lemah, 2019.
M. H. , & W. P. Nuryadi, “Peran Guru Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Dalam Penguatan Literasi Digital Siswa Dalam Proses Pembelajaran,” Honai, vol. 5, no. 2, 2023.
N. C. dan K. I. Agustin, “ KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL MAHASISWA S-1 ANGKATAN 2018 FAKULTAS ILMU BUDAYA UNIVERSITAS DIPONEGORO,” Universitas Diponegoro, 2019.
P. A. , W. P. , G. M. F. Y. , A. A. , S. H. , & A. T. Sari, “Coffee Shop Sebagai Ruang Diskusi Bagi Masyarakat Digital Untuk Meminimalisir Berkembangnya Berita Hoax Di Kota Pontianak,” Al-I’lam: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, vol. 6, no. 1, 2022.
APJII, “APJII Jumlah Pengguna Internet Indonesia Tembus 221 Juta Orang,” /berita/d/apjii-jumlah- pengguna-internet-indonesia- tembus-221-juta-orang, Feb. 07, 2024.
P. Widiatmaka, “ Strategi Guru Dalam Membangun Karakter Nasionalisme Pada Generasi Milenial Di Era Digital,” Jurnal Pendidikan Karakter, vol. 13, no. 2, 2022.
R. M. M. , Y. E. , R. M. A. & S. A. Winarno, “Analisis Kesulitan Guru PPKn dalam Mengembangkan Materi Pembelajaran Bhinneka Tunggal Ika,” Journal of Moral and Civic Education, vol. 4, no. 2, 2020.
A. Restianty, “Literasi Digital, Sebuah Tantangan Baru Dalam Literasi Media,” Jurnal Kehumasan, 2018.
Q. Q. A’yuni, “Literasi Digital Remaja Di Kota Surabaya: Studi Deskriptif tentang Tingkat Kompetensi Literasi Digital pada Remaja SMP, SMA dan Mahasiswa di Kota Surabaya,” Librinet, vol. 4, no. 2, pp. 1–15, 2015.
H. A. Naufal, “LITERASI DIGITAL,” Perspektif, vol. 1, no. 2, pp. 195–202, Oct. 2021, doi: 10.53947/perspekt.v1i2.32.
R. Veronika Br Ginting, D. Arindani, C. Mega Wati Lubis, and A. Pramai Shella, “LITERASI DIGITAL SEBAGAI WUJUD PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI ERA GLOBALISASI,” 2021. [Online]. Available: http://ejournal2.undip.ac.id/in dex.php/pasopati
S. T. , R. R. , & S. S. Widodo, “Pengembangan Model Pembelajaran Project Citizen Berorientasi Civic Knowledge, Civic Disposition, dan Civic Skill Sebagai Inovasi Dalam Mata Kuliah Pendidikan PKN SD,” PKn Progresif: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Kewarganegaraan, vol. 13, no. 1, pp. 23–36, 2018.
P. Widiatmaka, “Kendala Pendidikan Kewarganegaraan dalam Membangun Karakter Peserta Didik di Dalam Proses Pembelajaran,” Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, vol. 13, no. 2, pp. 188–198, 2016.
E. Sulzby, Emergent Literacy: Writing and Reading. Writing Research: Multidisciplinary Inquiries into the Nature of Writing Series. USA: University of Minnesota, 1986.
Sevima, “Pengertian Literasi Menurut Para Ahl, Tujuan, Manfaat, Jenis, dan Prinsip,” https://sevima.com/pengertian -literasi-menurut-para-ahli- tujuan-manfaat-jenis-dan- prinsip/.
D. Maeludin, Rendahnya Literasi Akibat Kurangnya Minat Baca. 2021.
P. O. , & F. L. Y. Irianto, “Pentingnya penguasaan literasi bagi generasi muda dalam menghadapi MEA,” in In Proceedings Education and Language International Conference, 2017.
S. Zuhri, “Pentingnya Budaya Literasi Media dan Aktualisasi Bela Negara Generasi Milenial,” Angewandte Chemie International Edition, vol. 6, no. 11, 1967.
A. Sentoso, A. Wulandari, S. Kurniawan, and S. Thieng, “PENTINGNYA LITERASI DALAM ERA DIGITAL BAGI MASA DEPAN BANGSA,” 2021. [Online]. Available: http://journal.uib.ac.id/index.p hp/nacospro
S. Astuti, “Strategi Peningkatan Literasi Digital Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN 3 METRO,” Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro, 2021. [22] D. Utami and T. Sukmayadi, “Penerapan Literasi Digital Melalui Mata Pelajaran PPKn di Kelas VII SMP Negeri 1 Galur Kulon Progo,” Jurnal Kewarganegaraan, vol. 6, no. 2, 2022.