STRATEGI PENINGKATAN CIVIC LITERACY TERHADAP PENINGKATAN PARTISIPASI PESERTA DIDIK DALAM PERKEMBANGAN GLOBAL 5.0 PADA ERA SOCIETY
Kata Kunci:
literasi, kewarganegaraan, partisipasi, digitalAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran adanya civic literacy khusunya pada dinamika perkembangan global pada era society 5.0. Serta untuk mengetahui strategi peningkatan civic literacy terhadap peningkatan partisipasi peserta didik pada perkembangan global 5.0 pada era society. Penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif dengan metode studi kepustakaan, teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan studi dokumen dengan teknik deskriptif yagdapat digunakan sebagai gambaran untuk menjawab permasalahan. Hasilnya adalah Civic literacy memiliki makna sebagai hal berupa kapasitas pengetahuan dan kemampuan warga negara untuk secara aktif berpartisipasi dalam berbagai kegiatan kewarganegaraan. Selain itu, civic literacy dimaknai sebagai bentuk pengetahuan politik warga negara yang nantinya dapat dimanfaatkan dalam berbagai kegiatan kewarganegaraan. Kemajuan teknologi pada era perkembangan global menjadi tantangan sekaligus peluang dalam memerankan civic literacy agar dapat meningkatkan partisipasi peserta didik. Teknologi tidak terlepas dari media sosial dan selaras dengan pada zaman sekarang media tidak dapat lepas dari genggaman kebutuhan manusia. Civic literacy sangat dibutuhkan di era society 5.0 mengingat derasnya arus informasi yang berkembang terutama di media sosial. Kemajuan teknologi pada era perkembangan global menjadi tantangan sekaligus peluang dalam memerankan civic literacy agar dapat meningkatkan partisipasi peserta didik. Strategi yang digunakan adalah peningkatan kualitas pembelajaran pendidikan kewarganegaraan disekolah dalam memanfaatkan digital yang menjadi aspek utama dalam memaksimalkan peran civic literacy berkaitan dengan meningkatnya partisipasi peserta didik karena telah memiliki bekal dan jiwa yang kritis untuk menghadapi permasalahan tertentu khususnya yang berkaitan dengan dunia perpolitikan.
Referensi
Yuliadari, E., Rusnaini, R., & Ariana, Y. (2018). “Penguatan Civic Literacy dalam Pembelajaran Demokrasi dan Pemilu Dan Implikaisnya Terhadap Civic Atitude” Mahasiswa. PKn Progresif: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Kewarganegaraan, 13(2), 115-122.
Armawi, A., & Raharjo, R. (2021). Evaluasi Program Sosialisasi Civic Literacy Dalam Pembentukan Etika Warganegara Muda. Jurnal Filsafat, 31(1), 1. https://doi.org/10.22146/jf.54421
Irvan, M. F., Agry, F. P., & Habibullah, H. (2021). Pengembangan Media Kartu Remi Pancasila “Rensla” untuk Meningkatkan Civic Literacy Siswa. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 1(1), 13–26. https://doi.org/10.35878/guru.v1i1.259
Azizah, A. (2017). Studi kepustakaan mengenai landasan teori dan praktik konseling naratif (Doctoral dissertation, State University of Surabaya).
Febrian, A., & Masyitoh, I. (2019). Strengthening Civic Literacy through Media Literacy in Jabar Saber Hoaks. First International Conference on Progressive Civil Society (ICONPROCS 2019), 79–83.
Morgan, L. A. (2016). Developing Civic Literacy and Efficacy: Insights Gleaned through the Implementation of Project Citizen. Ie: Inquiry in Education, 8(1), 1–18. http://digitalcommons.nl.edu/ie/vol8/iss1/3
Masyada, S., & Washington, E. Y. (2019). Creating the Citizen: Critical Literacy, Civics, and the C3 Framework in Social Studies. In Critical Literacy Initiatives for Civic Engagement (pp. 94–122). IGI Global.
Irwansyah, I. (2018). How Indonesia media deal with Sustainable Development Goals. E3S Web of Conferences, 74, 08014. https://doi.org/10.1051/e3sconf/2018740801 4
Alhefeiti, F. S. O. (2018). Society 5.0 A HumanCentered Society That Balances Economic Advancement with The Resolution Of Social Problems By A System That Highly Integrates Cyberspace And Physical Space. The British University in Dubai (BUiD).
Hylton, M. E. (2018). The Role of Civic Literacy and Social Empathy on Rates of Civic Engagement among University Students. Journal of Higher Education Outreach and Engagement, 22(1), 87– Jurnal Pekommas, Vol. 8 No. 1, Juni 2023: 59-70 67 106.
Hidayah, Y., & Sunarso, S. (2017). Penguasaan Civic Skills Aktivis Badan Eksekutif Mahasiswa (Studi di Universitas Negeri Yogyakarta). Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 4(2), 153–164.