ANALISIS PENGARUH DINAMIKA TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP IDENTITAS NASIONAL DITINJAU DARI PERSPEKTIF PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
Kata Kunci:
teknologi informasi, identitas nasional, pendidikan kewarganegaraan, globalisasi, literasi digitalAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dinamikteknologi informasi terhadap identitas nasional dari perspektif pendidikan kewarganegaraan. Dalam era globalisasi, teknologi informasi berkembang pesat dan mempengaruhi berbagai aspek kehidupan, termasuk identitas nasional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif Penelitin ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui metode deskripstif dan teknik pengumpulan data dengan studi kepustakaan untuk mengkaji hubungan antara perkembangan teknologi informasi dan perubahan dalam iddentitas nasional. Data diperoleh dari berbagai sumber yang relevan, termasuk jurnal, buku, dan artikel ilmiah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknologi informasi memiliki dampak signifikan terhadap identitas nasional, baik positif maupun negative. Di satu sisi, teknologi informasi dapat memperkuat identitas nasional melalui peningkatan akses informasi dan komunikasi. Namun, disisi lain, teknologi informasi juga dapat mengikis identitas nasional melalui penyebaran budaya asing dan globalisasi. Dari perspektif pendidikan kewarganegaraaan, penting untuk mengintegrasikan literasi digital dan pemahaman kritis terhadap media dalam kurikulum guna memperkuat identitas nasional di tengah dinamika teknologi informasi. Penelitian ini menyarankan perlunya kebijakan pendidikan yang adaptif dan responsive terhadap perkembangan teknologi informasi untuk menjaga dan memperkuat identitas nasional.
Referensi
N. Y. S. Munti and D. A. Syaifuddin, "Analisa dampak perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang pendidikan," Jurnal Pendidikan Tambusai, vol. 4, no. 2, pp. 1975- 1805, 2020.
Badan Pusat Statistik Indonesia, "Statistik Telekomunikasi Indonesia 2022," Badan Pusat Statistik Indonesia, 30 Agustus 2023. [Online]. Available: https://www.bps.go.id/id/publication /2023/08/31/131385d0253c6aae7c7a 59fa/statistik-telekomunikasi- indonesia-2022.html. [Accessed 15 April 2024].
Kementerian Komunikasi dan Informatika, "Memenuhi Layanan Digital Hingga Pelosok," Kementerian Komunikasi dan Informatika. [Online]. Available: https://www.kominfo.go.id/content/d etail/49482/memenuhi-layanan- digital-hingga-pelosok/0/artikel. [Accessed: Date].
H. Hendrizal, "Mengulas Identitas Nasional Bangsa Indonesia Terkini," Pelita Bangsa Pelestari Pancasila, vol. 15, no. 1, pp. 1-21, 2020.
A. Thohawi and A. Suhaimi, Materi Civic Education, Uwais Inspirasi Indonesia, 2019.
M. Nurdin, "IDENTITAS NASIONAL," Advances In Social Humanities Research, vol. 1, no. 4, pp. 241-247, 2023.
S. A. Mappasere and N. Suyuti, "Pengertian Penelitian Pendekatan Kualitatif," Metode Penelitian Sosial, vol. 33, 2019.
C. M. Zellatifanny and B. Mudjiyanto, "Tipe penelitian deskripsi dalam ilmu komunikasi," Diakom: Jurnal Media Dan Komunikasi, vol. 1, no. 2, pp. 83-90, 2018.
M. M. Sumaludin, "Identitas nasional dalam buku teks pelajaran sejarah sma," Historial, vol. 1, no. 2, pp. 97-104, 2018.
A. Zulfa and F. U. Najicha, "Urgensi Penguatan Identitas Nasional dalam Menghadapi Society 5.0 di Era Globalisasi," Jurnal Kalacakra: Ilmu Sosial Dan Pendidikan, vol. 3, no. 2, pp. 65, 2022.
W. Winarno, Pembelajaran pendidikan kewarganegaraan: Isi, strategi, dan penilaian, Jakarta: Bumi Aksara, 2013.
R. K. T. Putra, F. R. Saputro, L. Hakim, Y. Ramadhan, and A. Fuadin, "Fenomena ChatGPT: Peningkatkan civic skill digital native generation," Nautical: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, vol. 2, no. 2, pp. 140-147, 2023.
E. Julaeha, D. Damanhuri, and R. Juwandi, "Hubungan Antara Keaktifan Dalam OSIS dengan Sikap Kepemimpinan Siswa Sebagai Perwujudan Civic Disposition," Lentera: Jurnal Kajian Bidang Pendidikan dan Pembelajaran, vol. 1, no. 1, pp. 14-18, 2021.
D. Setiawan, "Dampak perkembangan teknologi informasi dan komunikasi terhadap budaya," JURNAL SIMBOLIKA Research and Learning in Communication Study, vol. 4, no. 1, pp. 62-72, 2018.