PERAN PENTING PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM RANAH ETIKA DIGITAL DI ERA KEMAJUAN GLOBALISASI TEKNOLOGI DAN INFORMASI MEDIA SOSIAL DI INDONESIA

Penulis

  • Dwi Pramono

Kata Kunci:

Pendidikan Kewarganegaraan, Teknologi Informasi, media sosial, SDM, etika

Abstrak

Artikel ini ditulis dengan tujuan menganalisis lebih lanjut arti penting pendidikan kewarganegaraan terhadap warga negara dalam konteks kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi terutama pada media sosial di Indonesia yang semakin hari semakin berkembang, selain itu artikel ini juga bertujuan untuk mengetahui lebih mendalam mengenai dampak-dampak yang dihasilkan oleh perkembangan teknologi informasi dan pentingnya etika digital dalam berperilaku di dunia maya hingga solusi yang dibutuhkan untuk menghadapi krisis moral yang dihasilkan. Metode yang yang digunakan dalam penulisan artikel ini adalah studi kepustakaan dengan memperoleh informasi dari literatur-literatur digital, artikel ilmiah dan jurnal-jurnal bereputasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini membuktikan adanya dampak negatif yang begitu besar diakibatkan karena maraknya penyebaran konten-konten negatif yang diperoleh dari media sosial. Pengguna media sosial di Indonesia rata-rata masih memiliki literasi digital yang rendah dan sering berperilaku tidak baik dalam penggunaannya, hal ini membuktikan bahwa pendidikan kewarganegaraan begitu penting untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) agar pengguna media sosial atau netizen mencapai pendidikan karakter dan literasi digital yang baik dalam penggunaan media sosial. Bisa diperoleh kesimpulan bahwa Pendidikan Kewarganegaraan sangat penting dalam pengembangan karakter dan etika, terutama dalam konteks penggunaan media sosial, pendidikan kewarganegaraan adalah kunci dan pilar utama dalam membentuk masyarakat yang cerdas, kritis, dan beretika di tengah berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi.

Referensi

S. Lestari, “PERAN TEKNOLOGI DALAM PENDIDIKAN DI ERA GLOBALISASI,” vol. 2, no. 2, 2018, [Daring]. Tersedia pada: https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/edureli gia

L. Suryatni, “PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DAN LITERASI MEDIA DALAM MENCERDASKAN NETIZEN DI MEDIA SOSIAL.”

A. P. Kewarganegaraan, “BAB II TINJAUAN PUSTAKA.”

“503-985-1-SM”.

Syamsuar dan Reflianto, “PENDIDIKAN DAN TANTANGAN PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0.”

H. Satria, N. Program, S. Pendidikan Guru, S. Dasar, F. Keguruan, dan I. Pendidikan, “Paradigma Etika Digital Dalam Perspektif Pendidikan Kewarganegaraan,” Jurnal Kewarganegaraan, vol. 7, no. 2, 2023, [Daring]. Tersedia pada: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2 022/07/29/ratusan-anak-jadi-korbanbullying-di-

N. S. Bila, F. D. Wahyuni, dan T. H. Nurgiansah, “Peran Penting Civics: Pendidikan Ilmu Kewarganegaraan di Era Masyarakat Digital,” Jurnal Kewarganegaraan, vol. 20, no. 1, hlm. 1, Apr 2023, doi: 10.24114/jk.v20i1.39530.

“43-Article Text-72-1-10- 20200513”.

P. Pancasila dan D. Kewarganegaraan, “Jurnal Etika Demokrasi Pengaruh Pembelajaran PPKn Berbasis Discovery Learning terhadap Hasil Belajar pada Siswa Kelas X IPA Batara Gowa Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan FKIP Universitas Muhammadiyah Makassar 1) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan FKIP Universitas Muhammadiyah Makassar 2) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan FKIP Universitas Muhammadiyah Makassar 3),” 2019. [Daring]. Tersedia pada: www.unismuh.ac.id

“Bab II Kajian Pustaka 2.1. Kajian Teori 2.1.1 Pendidikan Kewarganegaraan 2.1.1.1 Pengertian dan Hakikat Pendidikan Kewarganegaraan (PKn).”

M. Muchtarom, A. Y. Pramanda, dan R. V. P. Hartanto, “PENGUATAN ETIKA DIGITAL PADA SISWA UNTUK MENANGGULANGI PENYEBARAN BERITA BOHONG (HOAX) DI MEDIA SOSIAL MELALUI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN,” PAEDAGOGIA, vol. 21, no. 2, hlm. 142, Sep 2018, doi: 10.20961/paedagogia.v21i2.23922.

“Jurnal Formatif 2(2): 90-101.”

D. Jonathan, “Penyalahgunaan Media Sosial dalam Komunikasi Politik dapat Membahayakan Demokrasi,” Nomos: Law Review, vol. 1, hlm. 1–1, 2023, doi: 10.11111/nomos.xxxxxxx.

H. D. Atmanti, “INVESTASI SUMBER DAYA MANUSIA MELALUI PENDIDIKAN.”

M. P. Rezky, J. Sutarto, T. Prihatin, A. Yulianto, I. Haidar, dan A. Surel, “To cite this article: Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES,” 2019.

N. Fauziah, “ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN NETIZEN INDONESIA PALING TIDAK SOPAN PADA MEDIA ONLINE CNN INDONESIA DAN KOMPAS.COM.”

N. Isro Hayati dkk., “PT. Media Akademik Publisher HAKIKAT PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN UTUH SARJANA ATAU PROFESIONAL (Studi Kasus Etika Dalam Bermedia Sosial di Era PEMILU 2024) Oleh,” JMA), vol. 2, no. 6, hlm. 3031–5220, 2024, doi: 10.62281.

U. Khairiyah dan H. R. Dewinda, “Peran Pendidikan Karakter dalam Mempersiapkan Sumber Daya Manusia yang Bermutu,” Psyche 165 Journal, hlm. 119– 124, Jul 2022, doi: 10.35134/jpsy165.v15i3.175.

M. Saputra, “Integrasi Kewarganegaraan Digital dalam Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan untuk Menumbuhkan Etika Berinternet (Netiket) di Kalangan Mahasiswa,” 2022.

“Outlook Demokrasi LP3ES.”

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-11

Cara Mengutip

Pramono, D. (2024). PERAN PENTING PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM RANAH ETIKA DIGITAL DI ERA KEMAJUAN GLOBALISASI TEKNOLOGI DAN INFORMASI MEDIA SOSIAL DI INDONESIA. Prosiding Seminar Nasional PPKn FKIP UNS, 7(1), 124–131. Diambil dari https://seminar.mediainformasipkn.id/index.php/Prosiding/article/view/28