PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SEBAGAI PEDOMAN UNTUK PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK PADA ERA SOCIETY 5.0

Penulis

  • Vina Sagita Putri Haryanto

Kata Kunci:

Pendidikan kewarganegaraan, era society 5.0, pembentukan karakter

Abstrak

Artikel ini melihat Pancasila sebagai ideologi nasional Indonesia yang nilai-nilainya dapat digunakan sebagai acuan untuk pembangunan karakter bangsa dalam menghadapi perkembangan era society 5.0. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur sejauh mana generasi muda siap untuk menghadapi kemajuan teknologi di era revolusi industri 5.0 dan bagaimana Pancasila mempengaruhi kehidupan berbangsa. Untuk mendapatkan data yang kuat, penelitian ini menggunakan metode kepustakaan yaitu dengan menggunakan literatur, baik menggunakan buku, catatan ataupun laporan hasil penelitian terdahulu. Secara konseptual, penelitian ini melihat dan menggali referensi dari buku dan jurnal yang berisi materi tentang pembangunan karakter berdasarkan Pancasila. Penelitian ini menyelidiki nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila sebagai cara untuk membangun karakter masyarakat untuk menghadapi era society 5.0. Studi menunjukkan bahwa pendidikan Pancasila memainkan peran penting dalam pembentukan karakter bangsa ini, tetapi kehidupan politik belum mendukung pembentukan masyarakat Pancasilais

Referensi

Aprillio Poppy Belladonna, S. N. (2019). Penguatan Pengetahuan Kewarganegaraan (Civic Knowledge) Dalam Meningkatkan Kesadaran Hukum Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 3(2), 196-210.

Daniar Asyari, D. A. (2021). Peran Pendidikan Kewarganegaraan bagi Generasi Milenial dalam Menanamkan Jiwa Nasionalisme Di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 3(2), 30-41.

Dinie Anggraeni Dewi, Z. U. (2021). Peranan Pendidikan Kewarganegaraan Terhadap Pembangunan Karakter Bangsa. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(2), 499-506

Himmatul Izza Nur Fadhila, F. U. (2021). Pentingnya Memahami dan Mengimplementasikan Nilai-nilai Pancasila di Lingkungan Masyarakat. Pro Patria: Jurnal Pendidikan, Kewarganegaraan, Hukum, Sosial, Dan Politik, 4(2), 204-212.

Renata Nur Annisa, D. A. (2021). Pendidikan Kewarganegaraan di Era Revolusi 4.0. IJOIS: Indonesian Journal of Islamic Studies, 2(1), 47-57

Siti Zahra Al Munawaroh, D. A. (2021). Peran Pendidikan Kewarganegaraan di Era Revolusi Industri 4.0. Journal on Education, 3(4), 291-298.

Wicaksono, D. S. (2021). Peranan Pondok Pesantren Dalam Menghadapi Generasi Alpa Dan Tantangan Dunia Pendidikan Era Society 5.0. Retrieved from E - Repository Perpustakaan IAIN Bengkulu: http://repository.iainbengkulu.ac.id/7905/

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-11

Cara Mengutip

Haryanto, V. S. P. . (2024). PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SEBAGAI PEDOMAN UNTUK PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK PADA ERA SOCIETY 5.0. Prosiding Seminar Nasional PPKn FKIP UNS, 7(1), 467–471. Diambil dari https://seminar.mediainformasipkn.id/index.php/Prosiding/article/view/57