Pentingnya Civic Disposition pada Mahasiswa dalam Menghadapi Perkembangan Global di Era Society 5.0
Keywords:
Civic Disposition, Mahasiswa, Era Society 5.0Abstract
Adanya transisi dari era Society 1.0, Society 2.0, Society 3.0, Society 4.0, dan Era Society 5.0 menandakan adanya perubahan zaman yang didasarkan pada kebutuhan masyarakat yang semakin berkembang juga. Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk dijadikan pijakan mengenai pentingnya karakteristik warga negara yang harus dimiliki oleh seluruh masyarakat khususnya mahasiswa sebagai agent of change dalam menghadapi perkembangan Era Sociaty yang akan datang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dengan observasi dan pencatatan beberapa artikel dan jurnal. Civic disposition atau karakter kewarganegaraan yang dimiliki mahasiswa berkaitan dengan pentingnya menghadapi era Society 5.0 yang akan datang. Karakter kewarganegaraan yang baik akan berpengaruh pada kualitas sumber daya manusia khususnya pada Era Society 5.0. Mahasiswa merupakan agen perubahan yang artinya dalam menghadapi perkembangan global di era Society 5.0 yang akan datang, mahasiswa harus tetap memegang teguh karakter kewarganegaraan. Karakter kewarganegaraan ini tumbuh dengan baik apabila setiap individu memiliki pemikiran yang positif dan terbuka akan perkembangan. Selain itu, karakter kewarganegaraan ini juga dapat mempengaruhi tingkat kesejahteraan pada era society 5.0 karena individu yang berkarakter tentu memiliki kualitas sumber daya manusia yang baik dan mampu berkembang di era society 5.0.
References
A. P. Kirani and F. U. Najicha, “Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Pedoman dalam Menghadapi Era Society 5.0 Mendatang,” J. Educ. FKIP UNMA, vol. 8, no. 2, pp. 767–773, 2022, doi: 10.31949/educatio.v8i2.2391.
I. BAB and K. UMUM, “Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional,” 2003.
R. Saputra, M. M. Adha, A. Mentari, and Rohman, “Pengaruh Kecerdasan Interpersonal Terhadap Civic Disposition Mahasiswa Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan,” Cive J. Penelit. Pendidik. Pancasila Dan Kewarganegaraan, vol. 3, no. 5, pp. 8–14, 2023.
W. Winarningsih, V. Lestari, R. Wardani, and M. M. Adha, “Penguatan Civic Virtue Pada Pembelajaran PPKN Dalam Rangka Menghadapi Era Society 5.0,” Pendidik. Pancasila Dan Kewarganegaraan, pp. 191–196, 2021, [Online]. Available: http://repository.lppm.unila.ac.id/33713/1/PROSIDING SEMNAS Wiwin.pdf
D. Setiawan and M. Lenawati, “Peran dan Strategi Perguruan Tinggi dalam Menghadapi Era Society 5.0,” Res. Comput. Inf. Syst. Technol. Manag., vol. 3, no. 1, p. 1, 2020, doi: 10.25273/research.v3i1.4728.
D. Riyanti, “An analysis of the suitability of students’ civic knowledge and disposition in the topic of citizen’s rights and obligations,” REID (Research Eval. Educ., vol. 6, no. 1, pp. 78–86, 2020, doi: 10.21831/reid.v6i1.31621.
P. Widiatmaka, “Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Ujung Tombak Pembangunan Karakter Pancasila Di Perguruan Tinggi,” Pancasila J. Keindonesiaan, vol. 01, no. 02, pp. 176–185, 2021, doi: 10.52738/pjk.v1i2.41.
P. C. Aji, “Peran PKN Dalam Membentuk Karakter Kewarganegaraan Melalui Pendekatan Berbasis Nilai Di Perguruan Tinggi,” Prodi PPKn FKIP UNS, Surakarta, pp. 1–9, 2018, [Online]. Available: https://ppkn.fkip.uns.ac.id/wp-
content/uploads/2018/08/Purnomo-Aji.-Universitas-Sebelas-Maret..pdf