PERAN MAHASISWA DALAM PENGUATAN KEWARGANEGARAAN GLOBAL PADA ERA SOCIETY 5.0

Penulis

  • Erna Yuliandari

Kata Kunci:

Mahasiswa, Kewarganegaraan global, Society 5.0

Abstrak

Tulisan ini mengkaji peran mahasiswa dalam penguatan kewarganegaraan global pada era society 5.0. Era society 5.0 merupakan era dimana masyarakat mampu memecahkan permasalahan sosial dengan memanfaatkan berbagai inovasi teknologi sehingga kondisi kehidupan masyarakat berpusat pada teknologi Negara Indonesia merupakan bagian dari global yang bersinggungan dan dipengaruhi oleh perkembangan globalisasi. Mahasiswa sebagai Warga negara yang baik harus memiliki pengetahuan, keterampilan, dan sikap kewarganegaraan agar dapat membentuk warga negara yang baik tidak hanya sekedar dalam konteks nasional melainkan juga dalam konteks global. Mahasiswa dalam konteks global harus memiliki wawasan luas, bertanggungjawab secara etika, bersikap baik dalam keberagaman, serta berketerampilan dengan terlibat aktif dalam masalah-masalah global. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menganalisis literatur terkait. Analisis data dilakukan melalui proses mengakses data, mengorganisir, menyortir, mengkategorikan, dan mengelompokkan hasil studi kepustakaan yang dikumpulkan. Mahasiswa sebagai bagian warga negara global sekaligus agen perubahan memiliki peran penting dalam penguatan kewarganegaraan global pada era Society 5.0 diantaranya dengan : (1) Melakukan kontribusi untuk menyeimbangkan identitas nasional dengan identitas global sebagai dampak ancaman krisis identitas nasional, (2) Mengembangkan kemampuan dalam membentuk kesadaran dan merespon isu-isu global yang ada melalui Pendidikan kewarganegaraan global, Mahasiswa dapat mendorong inovasi dan pengembangan teknologi yang berkelanjutan. Dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh melalui pendidikan tinggi, mereka dapat menciptakan solusi yang inovatif untuk mengatasi tantangan global (3) Kerlibatan mahasiswa dalam berbagai aktivitas nasional dan internasioanl . Peran aktif mahasiswa dalam mengatasi tantangan global membutuhkan dukungan dari institusi pendidikan, masyarakat, dan pemerintah. Mahasiswa perlu diakui sebagai mitra penting dalam mengembangkan solusi dan mendapatkan akses yang memadai terhadap sumber daya dan dukungan yang mereka butuhkan. pemikiran kritis, kesadaran tentang isu-isu global, dan keterampilan yang diperlukan untuk berkontribusi dalam perubahan positif.

Referensi

Anthony Giddens, 2009 The Politic of Climate Change – Ensuring State. Polity Press.

Aulia Zulfa & Fatma. 2022. Urgensi Penguatan Identitas Nasional Dalam Menghadapi Society 5.0 Di Era Globalisasi. Jurnal Kalacakra Volume 03, Nomor 02

Awaliyah, Fitri, et al. 2022. Telaah Implementasi: Global Citizen dan Pengungsian di Beberapa Negara. Jurnal Pendidikan Transformatif (Jupetra) Vol. 01 No. 03

Betts. B (2003) The Challenge of Global Citizenship in our Schools. Tersedia di: http://www.theptc.org/storage/images /G lobalCitizenship.pdf. Diakses 6 Desember 2013.

Cindy Aulia, dkk. 2024. Pengaruh Globalisasi Terhadap Konsep Kewarganegaraan di Era Digital. Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Vol. 4 No. 7

Dunne, T & Wheeler, NJ. 2004. Kami rakyat: memperdebatkan wacana keamanan dalam teori dan praktik hak asasi manusia

Istiqomah, A., & Widiyanto, D. 2020. Ancaman budaya pop (pop culture) terhadap penguatan identitas nasional masyarakat urban. Jurnal Kalacakra: Ilmu Sosial dan Pendidikan, 1(1), 47- 54.

Linklater, A. 2002. Cosmopolitan citizenship. Handbook of citizenship studies, pp.317- 332. London, Thousand Oak, New Delhi: Sage Publications.

Luthfi, Z. F., Muchtar, H., Bestari, P., Waldi, A., & Prasetiyo, W. H. (2019). Civic Education: Fostering Global Citizenship among Indonesian Students. CONVASH. Surakarta: Universitas Sebelas Maret

Manisha, P. 2018. Social media and youth: Implications for global citizenship education. In I. Davies et al., The Palgrave Handbook of Global Citizenship and Education (pp. 539- 556). London: Palgrave Macmillan.

Morais, D.B. dan Ogden, A.C. 2011. Initial Development and Validation of The Global Citizenship Scale, dalam 8 Journal of Studies in International Education, 15 (5), hlm. 445-446

Nurhasanah, Lanny, et al. 2021. Pengaruh Globalisasi Terhadap Minat Generasi Muda Dalam Melestarikan Kesenian Tradisional Indonesia. Jurnal Global Citizen : Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan

Payetno. 2017. Warga Negara Global; Tantangan, Peluang dan Tanggung Jawab Bersama. Pusham Unimed Volume VII, Nomor 1 Juni 2017, 1- 20

Rianda Usmi. 2023. Analisis Kewarganegaraan Global dalam Konteks Pendidikan Kewarganegaraan. JCMS Vol. 8 No. 1

Ross, A., & Davies, I. 2018. Europe and global citizenship. In I. Davies et al., The Palgrave Handbook of Global Citizenship and Education (pp. 21- 36). London: Palgrave Macmillan

Rusnaini. 2016. Global Issues Of Citizenship And The Development Of Civic Education For University Students In Indonesia .Prosiding ICTTE FKIP UNS 2015 ISSN: 2502- 4124 Vol 1, Nomor 1

Usmi, R., & Samsuri. 2022. Urgensi pendidikan kewarganegaraan global dalam kurikulum Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Abad 21. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 7(1), 149-160

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-11

Cara Mengutip

Yuliandari, E. (2024). PERAN MAHASISWA DALAM PENGUATAN KEWARGANEGARAAN GLOBAL PADA ERA SOCIETY 5.0. Prosiding Seminar Nasional PPKn FKIP UNS, 7(1), 1–8. Diambil dari https://seminar.mediainformasipkn.id/index.php/Prosiding/article/view/1