PERAN MAHASISWA DALAM CIVIC SKILLS UNTUK KEMAMPUAN BERADAPTASI PADA REVOLUSI DIGITAL DI ERA SOCIETY 5.0

Penulis

  • Jihan Fatihah

Kata Kunci:

Pendidikan Kewarganegaraan, Teknologi, Keterampilan

Abstrak

Mahasiswa mempunyai peran penting dalam menghadapi pendidikan karena dituntut untuk berfikir kritis dan kreatif, dakam hal ini mahasiswa mampu memunculkan ide ide dan inovasi yang baru di tengah masyarakat dihadapkan dengan teknologi. Munculnya teknologi di era 5.0 memberi banyak berbagai pengaruh terhadap pendidikan. Tantangan yang perlu di hadapi mahasiswa harus bijak untuk memanfaatkan teknologi saat ini sehingga memiliki kemajuan pada bidang pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan studi pustaka dan metode penelitian deskriptif kualitatif. Sesuai dengan penelitian ini yaitu peran mahasiswa dalam kemampuan beradaptasi di revolusi digital. Penelitian ini membahas tentang kepekaan mahasiswa terhadap dunia pendidikan dan bagaimana cara beradaptasi yang benar kreatif dan memiliki ide maupun inovasi yang baru dalam menunjang dunia pendidikn agar bisa bersaing secara global. Era society 5.0 berfokus pada teknologi dengan membantu SDM yang baik. Jadi, dapat disimpulkan pendidikan kewarganegaraan memiliki tiga kompetensi yang perlu dikuasai setiap individu. Kompetensi tersebut yaitu civic knowledge (pengetahuan, civic skills (keterampilan), dan civic dispotition (sikap).

Referensi

E. M. Damayanti, M. Arsanti, and C. Hasanudin, “Prosiding Seminar NasionalPeran Mahasiswa dalam Menghadapi Pendidikan di Era Society 5 . 0,” Pros. Semin. Nas. Has. Penelitian, Pengabdian, dan Disem., pp. 113–120, 2023.

Fadhhi & Siti Tiara Maulia, “Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pelopor Pengembangan Karakter Pancasila Diperguruan Tinggi,” PJurnal Kaji. Huk. dan Pendidik. Kewarganegaraan ISSN 2961-8754 http//jurnal.anfa.co.id, vol. 2, pp. 1–23, 2023, [Online]. Available: http://jurnal.anfa.co.id/index.php/civilia/article/view/303

Nastiti and A. Abdu, “Kajian: Kesiapan Pendidikan Indonesia Menghadapi Era Society 5.0,” Edcomtech J. Kaji. Teknol. Pendidik., vol. 5, no. 1, pp. 61–66, 2020, doi: 10.17977/um039v5i12020p061.

N. Fitriana, Hayuni Retno Widarti, and Nur Indah Agustina, “Indonesian Education Trends Towards the Era of Society 5.0: Improving the Quality of Human Resources,” Educ. Hum. Dev. J., vol. 8, no. 3, pp. 41–51, 2023, doi:10.33086/ehdj.v8i3.5199.

N. Sistia, E. Putri, F. Setiani, D. M.Sandy, and A. Fath, “Building Character Education Based On The Merdeka Curriculum Towards Society Era 5.0,” Pedagog. J. Pendidik., vol. 18, no. 2, pp. 194–201, 2023, [Online]. Available: https://app.dimensions.ai/details/publication/pub.1166945052%0Ahttps://journal.umpr.ac.id/index.php/pedagogik/article/download/5557/3493

M. Murdiono, “Peningkatan Keterampilan Kewarganegaraan (Civic Skills) Melalui Penerapan Pembelajaran Kewarganegaraan Berbasis Portofolio,” Humanika, vol. 7, no. 1, pp. 1–20, 2018, doi:10.21831/hum.v7i1.21016.

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-11

Cara Mengutip

Fatihah, J. (2024). PERAN MAHASISWA DALAM CIVIC SKILLS UNTUK KEMAMPUAN BERADAPTASI PADA REVOLUSI DIGITAL DI ERA SOCIETY 5.0. Prosiding Seminar Nasional PPKn FKIP UNS, 7(1), 376–380. Diambil dari https://seminar.mediainformasipkn.id/index.php/Prosiding/article/view/44