DINAMIKA PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM PERSPEKTIF CIVIC DISPOSITION MASYARAKAT SESUAI DENGAN NILAI PANCASILA
Kata Kunci:
sikap, teknologi, kewarganegaraan, PancasilaAbstrak
Pada era sekarang ini, dinamika perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK)
berkembang pesat. Salah satu dampak perkembangan TIK adalah pada interaksi sosial yang
dapat melalui platform media sosial. Dalam menjalin interaksi sosial perlu mengutamakan sikap
yang baik dalam menjalin interaksi sosial salah satunya di media sosial. Salah satu sikap yang
perlu diterapkan adalah sikap kewarganegaraan (civic disposition). Praktik sikap
kewarganegaraan di era digital ini dapat dilakukan dengan mematuhi peraturan yang berlaku,
salah satunya media sosial sebagai contoh bentuk perkembangan TIK yakni UU ITE. Namun,
tidak jarang ditemukan pelanggaran UU ITE dengan menyalahgunakan TIK seperti
cyberbullying, pencemaran nama baik, dan sejenisnya. Dengan kata lain perkembangan TIK
harus diikuti sikap kewarganegaraan atau sikap kewarganegaraan harus dikembangkan sesuai
perkembangan TIK yang ada. Nilai-nilai Pancasila perlu diterapkan pada sikap kewarganegaraan
khususnya dalam menghadapi perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Diperlukan
sikap kewarganegaraan yang dapat menerima sekaligus mengembangkan teknologi informasi
dan komunikasi.
Referensi
H. Budiman, “Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan,” AlTadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 8, no. 1, hlm. 31, Des 2017, doi: 10.24042/atjpi.v8i1.2095.
D. Setiawan, “Dampak Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Budaya,” JURNAL SIMBOLIKA: Research
and Learning in Communication Study, vol. 4, no. 1, hlm. 62, Apr 2018, doi: 10.31289/simbollika.v4i1.1474.
M. A. Ramadhan dkk., “PERANAN PANCASILA DI ERA GLOBALISASI”.
D. Setiawan dan M. Lenawati, “Peran Dan Strategi Perguruan Tinggi Dalam Menghadapi Era Society 5.0,” 2020.
B. Mulyono, “Reorientasi civic disposition dalam kurikulum Pendidikan Kewarganegaraan sebagai upaya membentuk warga negara yang ideal,” 2017.
M. M. Adha dan E. Susanto, “Kekuatan Nilai-nilai Pancasila dalam Membangun Kepribadian Masyarakat Indonesia,” 2020.
R. A. Kusuma, “Dampak Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap Perilaku Intoleransi dan Antisosial di Indonesia,” MAWA’IZH: JURNAL DAKWAH DAN PENGEMBANGAN SOSIAL KEMANUSIAAN, vol. 10, no. 2, hlm. 273–290, Des 2019, doi: 10.32923/maw.v10i2.932.
N. Astria, “ESSAY KAJIAN KRONOLOGIS DAN DAMPAK PENGGUNAAN DAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI,” Jurnal Inovasi, vol. 13, no. 1, hlm. 1–10, Feb 2019, doi: 10.33557/jurnalinovasi.v13i1.606.
T. Triyanto, “Peluang dan tantangan pendidikan karakter di era digital,” Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, vol. 17,
no. 2, hlm. 175–184, Okt 2020, doi: 10.21831/jc.v17i2.35476.
B. Mulyono, “Reorientasi civic disposition dalam kurikulum Pendidikan Kewarganegaraan sebagai upaya membentuk warga
negara yang ideal,” 2017.
A. Syahputra1 , M. Majid Fadhillah, G. Prasetya, A. Pradana, A. Prio, dan A. Santoso, “Penerapan Pancasila Di Dalam Era Digital.”