Urgensi dan Tantangan Kewarganegaraan Global terhadap Dunia Pendidikan dalam Menanggapi Dinamika Perkembangan Global pada Era Society 5.0

Penulis

  • Prisca Kiki Wulandari

Kata Kunci:

kewarganegaraan global, peluang, tantangan, pendidikan kewarganegaraan global

Abstrak

Di era Society 5.0, praktik kewarganegaraan global tidak dapat dihindarkan. Kemudahan akses teknologi digital mempermudah penyebaran informasi dan komunikasi sehingga dunia seperti tanpa batas. Kewarganegaraan global menekankan peran warga negara dalam komunitas global, tidak terbatas hanya sebagai warga negara di suatu negara. Oleh karena itu, pembangunan kapasitas untuk terlibat aktif dalam kewarganegaraan global memerlukan peran Pendidikan Kewarganegaraan Global. Artikel ini mengulas dua masalah, yakni aktualisasi kewarganegaraan global dalam pendidikan kewarganegaraan dalam perspektif sosial dan budaya; dan peluang dan tantangan kewarganegaraan global dalam dunia pendidikan pada era Society 5.0 dengan melihat sikap kritis warga negara. Pada sub bab 1 artikel ini mengulas studi kasus kewarganegaraan global pada migrasi warga negara Asia Tengah dan Afrika ke Eropa; dan mengulas studi kasus budaya yakni motif batik Lasem sebagai hasil dari pengaruh pertukaran budaya manca negara. Pada sub bab ke 2 artikel mengulas peran warga negara dalam menyikapi kewarganegaraan global. Warga negara perlu mengambil peluang-peluang positif, seperti semakin terbukanya lapangan pekerjaan, pendidikan, dan terlibat dalam komunita global menyelematkan keberlangsung lingkungan.

Referensi

Amna Saleem, Farah Deeba, & Muhammad Aqeel Raza. (2022). Global Citizenship Education: A New Approach to Global Citizenship Development. Perennial Journal of History, 3(2), 392–409. https://doi.org/10.52700/pjh.v3i2.131

Aydın, H., Oğurlu, Ü., Andrews, K., Masalimova, A. R., Dorozhkin, E. M., & Malygin, A. (2019). High school students’ perceptions of global citizenship in central public high schools: implications for teacher educators. Revista De Cercetare Si Interventie Sociala, 65, 187-205. https://doi.org/10.33788/rcis.65.12

Banks, J. A. (2008). Diversity, group identity, and citizenship education in a global age. Educational Researcher, 37(3), 129-139. https://doi.org/10.3102/0013189x08317501

Bosio, E. and Torres, C. A. (2019). Global citizenship education: an educational theory of the common good? a conversation with carlos alberto torres. Policy Futures in Education, 17(6), 745-760. https://doi.org/10.1177/1478210319825517

Falaq, Y. (2020). Education of citizenship in higher education as a fortress of nation characters in facing era society 5.0. Journal of Educational Sciences, 4(4), 802. https://doi.org/10.31258/jes.4.4.p.802-812

Fotaki, M. (2020). Refugee and forced migrants are not welcome in europe’s diminished welfare states. Problemy Polityki Społecznej: Studia I Dyskusje, 48(1). https://doi.org/10.31971/16401808.48.1.2020.4

Habibah, S. M., & Sapriyah. (2022). Global Citizenship Education; A Framework of Civic Literacy in Indonesia. Proceedings of the International Joint Conference on Arts and Humanities 2021 (IJCAH 2021), 618(Ijcah), 625–628. https://doi.org/10.2991/assehr.k.211223.106

Hangartner, D., Dinas, E., Marbach, M., Matakos, K., & Xefteris, D. (2018). Does exposure to the refugee crisis make natives more hostile?. American Political Science Review, 113(2), 442-455. https://doi.org/10.1017/s0003055418000813

Rapoport, A. (2010). We cannot teach what we don’t know: Indiana teachers talk about global citizenship education. Education, Citizenship and Social Justice, 5(3), 179–190. https://doi.org/10.1177/1746197910382256

Torres, C. A. (2015). Global citizenship and global universities. the age of global interdependence and cosmopolitanism. European Journal of Education, 50(3), 262- 279. https://doi.org/10.1111/ejed.12129

Wulandari, A., Alfiani, F., & Saputra, T. (2024). Pentingnya mengintegrasikan pendidikan kewarganegaraan dalam kurikulum sekolah melalui perspektif global. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 11. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.511

Wulandari, E., Winarno, .., & Triyanto, .. (2021). Digital citizenship education: shaping digital ethics in society 5.0. Universal Journal of Educational Research, 9(5), 948-956. https://doi.org/10.13189/ujer.2021.090507

Zawadzka-Paluektau, N. (2022). Ukrainian refugees in polish press. Discourse &Amp; Communication, 17(1), 96-111. https://doi.org/10.1177/17504813221111636 (2015). Global citizenship education: topics and learning objectives.. https://doi.org/10.54675/drhc3544

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-11

Cara Mengutip

Wulandari, P. K. (2024). Urgensi dan Tantangan Kewarganegaraan Global terhadap Dunia Pendidikan dalam Menanggapi Dinamika Perkembangan Global pada Era Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional PPKn FKIP UNS, 7(1), 9–18. Diambil dari https://seminar.mediainformasipkn.id/index.php/Prosiding/article/view/2