DINAMIKA KEWARGANEGARAAN GLOBAL DALAM KONTEKS TANTANGAN DAN PELUANG GLOBALISASI PADA PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Penulis

  • Dyah Ajeng Pangesti Ayu Pamungkas

Kata Kunci:

Globalisasi, dinamika, kewarganegaraan

Abstrak

Globalisasi saat ini yang semakin bertumbuh membuat segala hal merasakan dinamika dan perkembangan ke arah digitaI, termasuk kewarganegaraan di Indonesia. Globalisasi sendiri dilihat dengan adanya ketergantungan dan kebutuhan antarsatu negara dengan negara yang lain, Kegelisahan kewarganegaraan digital di era industri 4.0 adalah bukti bahwa arus globalisasi semakin cepat oleh teknologi digital dan membuat penjuru dunia semakin terhubung. Di era digital yang kian berkembang pesat, memanfaatkan teknologi menjadi salah satu solusi untuk menjawab tantangan zaman, khususnya dalam konteks kewarganegaraan. Keterbukaan informasi dan konektivitas global menghadirkan peluang baru, namun juga memicu berbagai tantangan, seperti kewarganegaraan digital dan partisipasi politik melalui platform online. Kompleksitas dalam beradaptasi dengan perubahan teknologi, perlindungan privasi di ruang digital, dan menjaga identitas nasional di tengah arus globalisasi menjadi isu krusial yang perlu dihadapi. Namun di balik tantangan tersebut, terdapat peluang signifikan untuk memberdayakan teknologi sebagai alat untuk meningkatkan partisipasi warga negara, melindungi privasi, dan membangun identitas nasional yang kuat. Dengan memanfaatkan peluang ini secara optimal, kita dapat menciptakan era digital yang inklusif dan bermanfaat bagi seluruh masyarakat.

Referensi

D. Trimulyani and M. Murdiono, “PERANAN GURU PPKn DALAM PENGEMBANGAN WAWASAN GLOBAL PESERTA DIDIK DI SEKOLAH

MENENGAH PERTAMA,” E-Civics, vol. 8, no. 5, pp. 462–463, 2019, [Online]. Available: https://journal.student.uny.ac.id/index.php/civics/article/view/15110.

P. R. Yuniarto, “Masalah globalisasi di indonesia: antara kepentingan, kebijakan, dan tantangan,” J. Kaji. Wil., vol. 5, no. 1, pp. 67–95, 2020.

Sunarso, “Warga Dan Pendidikan Kewarganegaraan(Kajian Konsep dan Sejarahnya),” Humanika (Kajian Ilm. Mata Kuliah Umum), vol. 6, no. 1, pp. 1–24, 2009.

R. Usmi, “Analisis Kewarganegaraan Global dalam Konteks Pendidikan Kewarganegaraan,” J. Civ. Moral Stud., vol. 8, no. 1, pp. 1–9, 2023, doi: 10.26740/jcms.v8n1.p1-9.

N. Azzahra and R. M. HP, “Membangun Kewarganegaraan Aktif dalam Era Digital: Tantangan dan Peluang bagi Pendidikan Kewarganegaraan,” Adv. Soc. Humanit. Res., vol. 1, no. 4, pp. 215–219, 2023, [Online]. Available: https://adshr.org/index.php/vo/article/view/27%0Ahttps://adshr.org/index.php/vo/article/download/27/25.

M. Aprianti, D. A. Dewi, and Y. F. Furnamasari, “Kebudayaan Indonesia di Era Globalisasi Terhadap Identitas Nasional Indonesia,” Edumaspul J. Pendidik., vol. 6, no. 1, pp. 996–998, 2022, doi: 10.33487/edumaspul.v6i1.2294.

K. A. W. Saadah, “Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.,” J. Pendidik. Pancasila dan Kewarganegaraan, vol. Volume 5, no. Nomor 1, p. hlm: 131-138, 2020, [Online]. Available: http://journal2.um.ac.id/index.php/jppk/article/view/7820/3749.

C. Apandie and S. Rahmelia, “Pendidikan kewarganegaraan masa depan: Learn, thrive, serve,” Semin. Nas. Kewarganegaraan, vol. 2, pp. 1–10, 2020.

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-11

Cara Mengutip

Pamungkas, D. A. P. A. (2024). DINAMIKA KEWARGANEGARAAN GLOBAL DALAM KONTEKS TANTANGAN DAN PELUANG GLOBALISASI PADA PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN. Prosiding Seminar Nasional PPKn FKIP UNS, 7(1), 330–335. Diambil dari https://seminar.mediainformasipkn.id/index.php/Prosiding/article/view/81