ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN YOUTUBE DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA
Kata Kunci:
youtube, media, minat belajarAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana sumber belajar berbasis YouTube dapat digunakan untuk menggugah minat siswa terhadap mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan karena pengumpulan data dilakukan melalui pemahaman dan analisis terhadap teori-teori terkait penelitian yang terdapat pada berbagai sumber kepustakaan. Secara khusus, sumber terletak dan dikumpulkan dari berbagai sumber, termasuk buku, jurnal, dan penelitian yang telah dilakukan sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan youtube sebagai media pembelajaran pada mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dapat menarik minat belajar siswa karena memudahkan siswa dan guru untuk melaksanakan pembelajaran baik secara daring maupu luring, selain itu fitur offline dan kolom komentar dapat digunakan guru dan siswa untuk saling menanggapi video youtube.
Referensi
A. A. P., “Pengembangan Minat Belajar Dalam Pembelajaran,” Idaarah J. Manaj. Pendidik., vol. 3, no. 2, p. 205, 2019, doi: 10.24252/idaarah.v3i2.10012.
Y. Yulistian, F. A. Bahrudin, and R. Y. Lestari, “Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Youtube Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik,”Acad. Educ. J., vol. 14, no. 2, pp. 289–304, 2023, doi: 10.47200/aoej.v14i2.1654.
S. Sholehatin and W. Wirdati, “Metode Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama,” An-Nuha, vol. 1, no. 3, pp. 251–270, 2021, doi: 10.24036/annuha.v1i3.78.
I. Indriyati, “Efektivitas Youtube Sebagai Media Pembelajaran Pada,” J. Inov. Ris. Akad., vol. 3, no. 2, pp. 26–29, 2021, [Online]. Available: https://jurnalcendekia.id/index.php/jp3t/
A. Aprijal, A. Alfian, and S. Syarifudin, “Pengaruh Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Sungai Salak Kecamatan Tempuling,” MITRA PGMI J .Kependidikan MI, vol. 6, no. 1, pp. 76–91, 2020, doi: 10.46963/mpgmi.v6i1.125.
A. Sutisna, “METODE PENELITIAN KUALITATIF BIDANG PENDIDIKAN - Google Buku,” UNJ Press. pp. 8–148, 2020. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=Z_UfEAAAQBAJ&pg=PA75&lpg=PA75&dq=berorientasi+pada+pengidentifikasian+fenomena+yang+diteliti&source=bl&ots=ga-HLJrEjg&sig=ACfU3U1cxwy9ib1n8NLF6bKSQIPJmBXQsQ&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwiti4qxh8nzAhWYAHIKHRaDBDI4ChDoAXoECCcQAw.
M. N. Adlini, A. H. Dinda, S. Yulinda, O. Chotimah, and S. J. Merliyana, “Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka,” Edumaspul J. Pendidik., vol. 6, no. 1, pp. 974–980, 2022, doi: 10.33487/edumaspul.v6i1.3394.
A. Rijali, “Analisis Data Kualitatif,” Alhadharah J. Ilmu Dakwah, vol. 17, no. 33, p. 81, 2019, doi: 10.18592/alhadharah.v17i33.2374.
R. Septiyani, R. Y. Lestari, and W. H. Legiani, “Pengembangan Media Pembelajaran Video Dokumenter Dalam Model Pembelajaran Blended Learning Pada Mata Pelajaran Ppkn Terhadap Minat Belajar Peserta Didik,” J. Pendidik. Kewarganegaraan, vol. 6, no. 1, pp. 113–123, 2022, doi: 10.31571/pkn.v6i1.3280.
R. Oktaviani, W. H. Legiani, and F. A. Bahrudin, “Pengaruh Media Quizizz terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran PPKn,” J. Civ. Educ., vol. 5, no. 3, pp. 310–319, 2022, doi: 10.24036/jce.v5i3.742.
J. P. Islam, R. Ulandari, A. Rahman K, and Z. Busrah, “Youtube Sebegai Media Pembelajaran PAI di Masa Pandemi Covid-19,” AL-ISHLAH J. Pendidik. Islam, vol. 19, no. 1, pp. 17–30, 2021.
V. N. June et al., “Kongga : Jurnal Pengabdian Masyarakat Sosialisasi Media Youtube Sebagai Media Belajar Bagi Anak di,” vol. 1, no. 1, pp. 1–8, 2023.