STRATEGI SEKOLAH DALAM MENGUATKAN NILAI ANTIKORUPSI BAGI SISWA SD MUHAMMADIYAH KAYEN CONDONGCATUR
Kata Kunci:
strategi, pendidikan antikorupsi, sekolah dasarAbstrak
Korupsi merupakan suatu tindakan melanggar aturan dan merugikan negara, apabila korupsi
diabaikan maka tindakan tersebut dapat menghancurkan negeri ini. Dengan adanya penelitian
"Strategi Sekolah dalam Menguatkan Nilai Antikorupsi bagi Siswa SD Muhammadiyah Kayen
Condongcatur" yang bertujuan mengetahui strategi yang digunakan sekolah sebagai langkah
pertama dalam pemberantasan koupsi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dimana
penulis terjun secara langsung ke lapangan untuk mengumpulkan informasi dari subjek dan
objek yang telah ditetapkan. Subjek dari penelitian ini yaitu Kepala Sekolah di SD
Muhammadiyah Kayen Condongcatur, dan objek dari penelitian ini yaitu Strategi Sekolah dalam
Menguatkan Nilai Antikorupsi bagi Siswa SD Muhammadiyah Kayen Condongcatur. Metode
observasi, wawancara, dan dokumentasi digunakan dalam mengumpulkan informasi penelitian.
Strategi ini bertujuan untuk membentuk karaker siswa yang sesuai dengan nilai-nilai antikorupsi.
Pentingnya pendidikan antikorupsi ini untuk menanamkan budaya integeritas kepada siswa. Dari
penelitian ini menunjukan hasil bahwa SD Muhammadiyah Kayen Condongcatur telah
menggunakan berbagi macam strategi untuk menanamkan nilai antikorupsi kepada siswa.
Pendidikan antikorupsi ini diharapkan dapat membentuk karakter siswa yang dapat memerangi
korupsi di indonesia serta dapat memutus rantai korupsi di generasi berikutnya.
Referensi
Alfi, D. Z. (2021). Studi Kebijakan Tentang Kurikulum Pengembangan Muatan Lokal. Rabbani: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 1–14. https://doi.org/10.19105/rjpai.v2i1.4140
Amiruddin, M. F., & Afifah, B. N. (2021). Implementasi pendidikan karakter anti korupsi di MAN 4 kediri. Salimiya: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 2(3). http://ejournal.iaifa.ac.id/index.php/sali miya/article/view/381%0Ahttps://ejourn al.iaifa.ac.id/index.php/salimiya/article/ download/381/348
Eka, A. P., Hidayatul, A. K., Trio, W. P., Karakter Anti Korupsi, M., Karakter Anti Korupsi di Sekolah Dasar Sebagai Proses Awal Munumbuhkan Jiwa Anti Korupsi Aditya Eka Prasetya, M., Hidayatul Kasanah, A., Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, P., Modern Ngawi, S., & Wulandari, S. (2016). Trismelinda Ayu Agustiani Widya Trio Pangestu.
Fauzan Ravif. (2022). Sosialisasi Dan Edukasi Pendidikan Anti Korupsi Bagi. Jurnal UMJ.
Humaira, J., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Implementasi Pendidikan Anti Korupsi pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tembusai, 5(3), 8612–8620.
Island, F., Islands, G., Fuke, Y., Iwasaki, T., Sasazuka, M., & Yamamoto, Y. (2021). 福家悠介 1 ・ 岩﨑朝生 2 ・笹塚 諒 3 ・山本佑治 4. 71(1), 63–71.
Januari, N., Handoyo, E., Kristiono, N., Lestari, E. Y., Ms, W. B., Wiwitono, B., Ahmad, F. L., & Faza, L. A. (2024). 2(1).
Juwita, F. A., Suyitno, S., Prastika, B. A., & Cahya, R. D. (2023). Analisis Pelaksanaan Pendidikan Antikorupsi Siswa Melalui Penanaman Nilai Islam SD Muhammadiyah Noyokerten. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar (JIPPSD), 7(1), 237 583 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kewarganegaraan 2024 "Menilik Isu Kewarganegaraan: Dinamika Perkembangan Global pada Era Society 5.0" 250.
http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jipps d/indexDOI:https://doi.org/10.24036/jip psd.v7i1
Kristiono, N., Astuti, I., & Uddin, H. R. (2020). Intergralistik. Jurnal Integralistik, 31(1), 13–21.
Lubis, S. (2019). Tinjauan Normatif Kurikulum Pendidikan Agama Islam Dalam Penanaman Nilai-Nilai Anti Korupsi. Murabbi : Jurnal Ilmiah dalam Bidang Pendidikan, 02(01), 31–47. https://ejournal.stitalhikmah tt.ac.id/index.php/murabbi/article/viewF ile/25/30
Maria Dona Febriana. (2021). Implementasi Nilai Pendidikan Antikorupsi Tanggungjawab Jujur dan Disiplin di SDN Kotalama 6 Kota Malang. Journal of Practice Learning and Educational Development, 1(4), 141–145. https://doi.org/10.58737/jpled.v1i4.23
Memenuhi, U., Satu, S., Ujian, S., Memperoleh, G., Doktor, G., Hukum, I., & Kriesmiardi, D. (2023). Program doktoral ilmu hukum universitas islam sultan agung kota semarang 2023.
Mujahidin, I. A., Sunarsih, D., & Toharudin, M. (2022). Peran Perpustakaan Sekolah Dalam Meningkatkan Literasi Membaca Siswa Kelas IV SDN Sawojajar 01. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(19), 182 199. https://doi.org/10.5281/zenodo.7165714
Nestariana, R. (2023). Pendidikan Anti Korupsi Pada Jenjang Sekolah Dasar. Sanskara Pendidikan dan Pengajaran, 01(01), 28–31.
Niska, B., & Gregorius, J. (2013). Penggunaan Media Poster Untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal PGSD Universitas Negeri Surabaya, 01(02), 1.
Nitte, Y. M., Bulu, V. R., Naitili, C. A., & Nahak, K. E. N. (2023).
Memasyarakatkan Pendidikan Karakter Anti Korupsi Sejak Dini pada Siswa Sekolah Dasar. Pengabdian Masyarakat Ilmu Pendidikan, 3(1), 65–67.
Nur, S. M. (2021). Eduscience : Jurnal Ilmu Pendidikan PENERAPAN PENDIDIKAN ANTI KORUPSI KEPADA SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Eduscience, 6, 111.
Perdana, D. R., Adha, M. M., & Ardiansyah, N. (2021). Model Dan Strategi Penanaman Nilai-Nilai Antikorupsi Di Sekolah Dasar. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKn, 8(1), 21–31. https://doi.org/10.36706/jbti.v8i1.13529
Putri, D. (2021). Korupsi Dan Prilaku Koruptif. Jurnal Pendidikan, Agama dan Sains, V, 49–54.
Rohim, C. D., & Rahmawati, S. (2020). Di Sekolah Dasar Negeri. Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 2.
Salimah, Z., & Suyanto, S. (2023). Integritas : Jurnal Antikorupsi Systematic literature review : The implementation of anti- corruption value insertion in schools and universities. 9(2), 257–270.
Suyitno, & Sukmayadi, T. (2022). Strategi Sekolah Dalam Menanamkan Nilai Antikorupsi Melalui Al Islam Kemuhammadiyahan Di SD Unggulan Muhammadiyah Lemahdadi. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 10(2), 228–236. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v10i2.22 357
Suyitno, Sukmayadi, T., & Lestari, A. H. (2021). Strategi Guru Dalam Mengintegrasikan Nilai Islam Dengan Nilai Antikorupsi Di Sd Muhammadiyah Se-Kapanewon Depok Sleman. Konferensi Ilmiah Pendidikan, 17–24. https://www.proceeding.unikal.ac.id/ind ex.php/kip/article/view/690%0Ahttps:// www.proceeding.unikal.ac.id/index.php /kip/article/download/690/527
Wahyu Tri Buana Pustha, F., & Fauzan, A. (2021). Faktor Yang Mempengaruhi Pencegahan Dan Upaya Pemberantasan Korupsi. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 580–585. https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i2.599
Widodo, S. (2019). Membangun Pendidikan Antikorupsi Di Sekolah Dasar.
Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 35–44. https://doi.org/10.21009/jpd.v10i1.1114 2
Widyastono, H. (2013). Strategi Implementasi Pendidikan Anti Korupsi Di Sekolah. Jurnal Teknodik, 17(2), 194–208.
Wijaya, M. M. (2020). Sosialisasi Penanaman Mindset Pendidikan Anti Korupsi Pada Anak Usia Dini Berdasarkan Peraturan Walikota Bogor No. 28 Tahun 2019 Tentang Penyelengaraan Pendidikan Anti Korupsi. Pakuan Law Review, 6(2), 123–146.
Wulandari, H., & Tejakusuma, L. P. (2023). Peran Guru Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Anti Korupsi Pada Anak Usia Dini. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 12(1), 30. https://doi.org/10.31000/ceria.v12i1.902 1
Zuber, A. (2018). Strategi Anti Korupsi Melalui Pendekatan Pendidikan Formal Dan Kpk (Komisi Pemberantasan Korupsi). Journal of Development and Social Change, 1(2), 178. https://doi.org/10.20961/jodasc.v1i2.23 058