IMPLIKASI PENGGUNAAN ARTIFICIAL INTELLENCE SEBAGAI TRANSFORMASI TEKNOLOGI SOCIETY 5.0 DALAM PRESPEKTIF KEWARGANEGARAAN
Kata Kunci:
Artifical Intelligence, Civic Disposition, KewarganegaraanAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk dapat menganalisis implikasi dari penggunaan implikasi dari Artifical Intelligence sebagai transformasi teknologi era society 5.0 dalam prespektif kewarganegaraan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode liberary research. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan studi dokumen
dengan teknik analisis dekriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kehadiran Artifical Intelligence membawa dampak positif dan dampak negatif bagi para penggunanya, Pengguna Artifical Intelligence yang banyak digunakan dengan presentase tertinggi di Indonesia pada tahun 2023 ialah Chat GPT (Generative Pre-Trained Transformer). Adapun dampak positifnya Artifical Intelligence dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas masyarakat dalam berbagai bidang sedangkan dampak negatifnya apabila menggunakan Artifical Intelligence secara berlebih mengakibatkan pengguna menjadi ketergantungan teknologi. Dampak negatif tersebut berkaitan dengan Karakter Kewarganegaraan (Civic Disposition) yang mempengaruhi tingkat literasi digital di Indonesia karena dengan ketergantungan menggunakan Artifical Intelligence menjadikan seorang individu malas membaca buku dan hanya bergantung dengan teknologi yang ada, maka perlunya menjaga karakter dalam bernegara melalui memanfaatkan perkembangan teknologi dengan bijak dan meningkatkan keterampilan yang dimiliki individu.
Referensi
Bimantoro, A., Pramesti, W. A., Bakti, S. W., Samudra, M. A., & Amrozi, Y. (2021). Paradoks etika pemanfaatan teknologi informasi di era 5.0. Jurnal Teknologi Informasi, 7(1), 58-68.
Manikandan, P., Selija, K., Vasugi, V., Prem Kumar, V., Natrayan, L., Helen Santhi, M., & SenthilKumaran,G. (2022). An Artificial Neural Network Based Prediction of Mechanical and Durability Characteristics of Sustainable Geopolymer Composite. Advances in Civil Engineering,2022.
Girasa, R. (2020). Artificial Intelligence as a Disruptive Technology. Palgrave Macmillan.
Sofha, G. F., Nabila, I., Yusriyyah, M. Z., & Annisa, N. (2023). Peran Pendidikan Kewarganegaraan Terhadap Pembangunan Karakter Bangsa. Advances In Social Humanities Research, 1(4), 408-420.
Harahap, N. 2014. . Penelitian Kepustakaan. Jurnal Iqra. Vol 8 No. 1,Hal 68.
Utami, A., Hasibuan, D. V. N., & Rambe, R. (2024). Perkembangan Artificial Intelligence (Ai) Sebagai Media Pembuatan Iklan Di Era Modern. Musytari: Neraca Manajemen, Akuntansi, Dan Ekonomi, 3(1), 71-80.
Restiawan, R., & Ula, D. M. (2023). Peran Teknologi Artificial Intelligence (Ai) Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat. Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial, 2(2), 148-156.
Maula, S. R., Aprillian, S. D., & Rachman, A. W. (2023). Ketergantungan Mahasiswa Universitas Jember Terhadap Artificial Intelligence (Ai ). 2(1).
Maufidhoh, I., & Maghfirah, I. (2023). Implementasi Pembelajaran Berbasis Artificial Intelligence Melalui Media Puzzle Maker Pada Siswa Sekolah Dasar. Abuya: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 30–43.
Kirani, A. P., & Najicha, F. U. (2022). Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Pedoman dalam Menghadapi Era Society 5.0 Mendatang. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(2), 767-773.