ANALISIS PERKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI DALAM PEMBENTUKAN SMART AND GOOD DIGITAL CITIZENSHIP YANG TERAMPIL TEKNOLOGI DI ERA GLOBALISASI
Kata Kunci:
IPTEK, smart and good digital citizen, era globalisasiAbstrak
Dalam artikel ini memiliki tujuan untuk menganalisis perkembangan ilmu pengetahuan dan
teknologi dalam pembentukan smart and good digital citizenship yang terampil di era globalisasi.
Penulisan artikel ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Metode
penelitian kualitatif metode deskriptif dipilih dikarenakan berhubungan dengan mendeskripsikan
serta menguraikan mengenai data-data yang telah ada. Teknik pengumpulan data yang digunakan
dalam penelitian ini yaitu studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan
berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, membawa hasil yang positif dan negatif.
Banyaknya berita hoax yang tersebar dikarenakan adanya perkembangan teknologi yang begitu
pesat, komentar-komentar negative yang muncul mengujarkan kebencian sehingga memecah belah
persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Sebagai warga negara yang memiliki keterampilan
smart and good digital citizenship, yaitu warga negara yang memiliki etika dalam penggunaan
teknologi serta dapat menyaring informasi yang diterima sehingga tidak sembarangan untuk
disebarkan. warga negara yang memiliki keterampilan smart and good citizen tidak menebarkan
kebencian dengan memberikan komentar yang tidak pantas serta tidak menyebarkan video yang
tidak pantas untuk disebarkan, sehingga dapat mempertahankan persatuan dan kesatuan bangsa
Indonesia agar tetap utuh dan tidak terpecah belah karena adanya perkembangan IPTEK di era
globalisasi.
Referensi
T. Lonika, A. Noviani, and M. M. Adha, “E Prosiding Seminar Nasional Virtual Pendidikan Kewarganegaraan 2021 „Respons Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Menyambut Era Society 5.0‟ CIVIC LITERACY: SEBAGAI UPAYA DALAM MEMPERSIAPKAN WARGA NEGARA MENUJU ERA SOCIETY 5.0.”
“SALINAN PRESIDEN REPUBLIK TNDONESIA.”
A. R. E. Oliveira, “The Formation of Karl Marx‟s Technological Thought,” Advances in Historical Studies, vol. 11, no. 04, pp. 251–262, 2022, doi: 10.4236/ahs.2022.114019.
P. P. Kuantitatif, “Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D,” Alfabeta, Bandung, 2016.
H. Mawarni, “Pengaruh Moralitas Pendidik Terhadap Terciptanya Ruang Kelas Yang Berkarakter Di Era Society 5.0,” Journal of Creative Student Research (JCSR), vol. 1, no. 2, 2023.
U. N. Semarang and A. W. Alfikri, “Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Peran Pendidikan Karakter Generasi Z dalam Menghadapi Tantangan Di Era Society 5.0.” [Online]. Available: http://pps.unnes.ac.id/pps2/prodi/pro siding-pascasarjana-unnes
M. Saleh, K. Komalasari, S. Sapriya, and I. S. Masyitoh, “Students‟ Perceptions of Civic Engagement in ICT Skills-Based Citizenship Education Learning,” European Online Journal of Natural and Social Sciences, vol. 11, no. 4, pp. 1363–1374, 2022, [Online]. Available: http://www.european science.com
S. Hariyadi and M. Saleh, “JPK : Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan (Print) Membangun Kecakapan Literasi Digital Citizenship Melalui Model Information Comunication Technology (ICT) Learning,”Tahun, vol. 7, no. 2, pp. 7–14, 2022, doi: 10.24269/jpk.v7.n2.2022.pp8 14.
K. Komalasari and D. Saripudin, “Pendidikan karakter: Konsep dan aplikasi living values education,” Bandung: Aditama, 2017.
Refika R. Capuno, R. Suson, D. Suladay, V. Arnaiz, I. Villarin, and E. Jungoy, “Digital citizenship in education and its implication,” World Journal on Educational Technology: Current Issues, vol. 14, no. 2, pp. 426–437, Mar. 2022, doi: 10.18844/wjet.v14i2.6952.
R. Putri Ayuning Lestari Fajar and D. Anggraeni Dewi, “IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN GENERASI MUDA SEBAGAI SMART AND GOOD CITIZEN DI ERA DISRUPSI,” 2021.
M. S. Ribble, G. D. Bailey, and T. W. Ross, “Digital Citizenship,” 2004. [13] M. Choi, “A Concept Analysis of Digital Citizenship for Democratic Citizenship Education in the Internet Age,” Theory Res Soc Educ, vol. 44, no. 4, pp. 565–607, Oct. 2016, doi: 10.1080/00933104.2016.1210549.