PERAN MAHASISWA SEBAGAI AGEN PERUBAHAN DALAM MENGEMBANGKAN KEWARGANEGARAAN GLOBAL DI ERA SOCIETY 5.0
Kata Kunci:
peran mahasiwa, agen perubahan, kewarganegaraan global, era society 5.0Abstrak
Kewarganegaraan global penting untuk dikembangkan karena membantu membangun komunitas
dunia yang lebih kooperatif dan damai, di mana individu dan negara bekerja bersama untuk
menyelesaikan masalah yang tidak dapat diatasi oleh satu negara saja. Tujuan dari penelitian ini
yaitu untuk menguraikan peran mahasiswa sebagai agen perubahan dalam mengembangkan
kewarganegaraan global di era society 5.0, dan tantangan yang dihadapi dalam mewujudkannya
serta solusi yang dapat diimplementasikan untuk mengatasi tantangan tersebut. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan proses studi literatur
dengan teknik pengumpulan data berupa metode dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa di era society 5.0, mahasiswa memiliki peran yang sangat penting sebagai agen perubahan
dalam mengembangkan kewarganegaraan global. Mereka diharapkan tidak hanya sebagai
penerima ilmu, tetapi juga sebagai aktor yang aktif dalam menciptakan solusi untuk tantangan
global. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan mengimplementasikan solusi-solusi
tersebut, mahasiswa dapat menjadi agen perubahan yang lebih efektif dalam menciptakan dampak
positif dan mempromosikan kewarganegaraan global di era society 5.0.
Referensi
D. Setiawan and M. Lenawati, “Peran Dan Strategi Perguruan Tinggi Dalam Menghadapi Era Society 5.0,” Research : Journal of Computer, vol. 3, no. 1, pp. 1–7, 2020.
I. Sumantri et al., “PENINGKATAN MUTU SUMBER DAYA MANUSIA DI ERA DISRUPSI DAN MAHASISWA SEBAGAI AGEN PERUBAHAN 5.0,” Jurnal Manajemen Pendidikan, pp. 76–81, 2022.
Z. Munawar and N. I. Putri, “KEAMANAN IOT DENGAN DEEP LEARNING DAN TEKNOLOGI BIG DATA,” TEMATIK - Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, vol. 7, no. 2, pp. 161–185, 2020.
F. Jannah and A. Sulianti, “PERSPEKTIF MAHASISWA SEBAGAI AGEN OF CHANGE MELALUI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN,” Journal of Social Science and Education, vol. 2, no. 2, pp. 181–193, 2021.
M. Rijal Fadli, “Memahami desain metode penelitian kualitatif,” Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, vol. 21, no. 1, pp. 33–54, 2021.
R. Usmi, “Analisis Kewarganegaraan Global dalam Konteks Pendidikan Kewarganegaraan,” Analisis Kewarganegaraan Global dalam Konteks Pendidikan Kewarganegaraan JCMS, vol. 8, no. 1, pp. 1–9, 2023.
I. Irayanti and K. Komalasari, “Membangun Etika Kewarganegaraan Global Melalui Karakter Moral Pancasila: Analisis Konseptual,” Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, vol. 13, no. 1, pp. 21–34, 2023.
D. Gularso, “PENDIDIKAN KOMUNITAS UNTUK MASA DEPAN INDONESIA DI ERA SOCIETY 5.0 DAN REVOLUSI INDUSTRI 4.0 (COMMUNITY EDUCATION FOR THE FUTURE OF INDONESIA IN THE ERA OF SOCIETY 5.0 AND INDUSTRIAL REVOLUTION 4.0),” Jurnal Berdaya Mandiri, vol. 3, no. 1, pp. 476–492, 2021.
A. Syaiful, “Peran Mahasiswa sebagai Agen Perubahan di Masyarakat,” Journal of Instructional and Development Researches, vol. 3, no. 1, pp. 29–34, Feb. 2023.
A. & F. U. N. Kurniawati, “98 JGC XII (2) (2023),” Jurnal Global Citizen: Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, vol. 12, no. 2, pp. 98 109, 2023.