STRATEGI PERAN PENDIDIK DALAM MEMBANGUN LITERASI DIGITAL DI ERA SEKOLAH SOCIETY 5.0 PADA PENDIDIKAN PANCASILA KELAS XI SMA

Penulis

  • Birgitta Jeklin Mulyo Dyah Kusuma

Kata Kunci:

pancasila, membangun literasi digital, peserta didik, era society 5.0

Abstrak

Membangun literasi digital pada era Sekolah Society 5.0 merupakan sebuah tantangan bagi pendidik dan sistem pendidikan secara keseluruhan. Era Society 5.0 menekankan integrasi yang semakin erat antara manusia dengan teknologi, sehari-hari. Dalam konteks ini, literasi digital sendiri bukan lagi hanya menjadi penggunaan untuk menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak secara teknis, tetapi juga memahami implikasi etis, sosial, dan budaya dari teknologi digital. Dalam era dimana teknologi informasi dan komunikasi (TIK) menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari, penting bagi pendidik untuk memastikan bahwa siswa memiliki kemampuan literasi digital yang kuat untuk berhasil dalam pembelajaran di sekolah yang semakin terhubung secara digital. Tujuan penulisan artikel ini yaitu untuk memberikan alternatif solusi berupa strategi peran pendidik dalam membangun literasi digital di era sekolah society 5.0 pada Pendidikan Pancasila kelas XI SMA dengan menggunakan Metode penelitian kualitatif dilakukan dengan mengkaji literatur yang relevan dan menelusuri sumber bacaan yang terkait dengan judul penelitian. Dalam proses ini, peneliti mempelajari artikel jurnal dan buku yang berhubungan dengan topik penelitian untuk memahami konsep dan teori yang terkait. Dengan demikian, peneliti dapat membangun dasar teoritis yang kuat dan memahami konteks yang relevan untuk penelitian Hasil pembahasan menunjukan bahwa terdapat beberapa strategi untuk membangun literasi digital peserta didik pada mata pelajaran pendidikan pancasila kelas XI SMA yaitu dengan berbagai sudut pendekatan seperti pada guru, Kurikulum, materi media pembelajaran, dan soal yang diberikan. Melalui strategi tersebut diharapkan akan memberikan efek signifikan terhadap membnagun literasi digital peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas XI SMA.

Referensi

Darwanto, M. Khasanah, and A. M.

Putri, “Penguatan Literasi, Numerasi, Dan

Adaptasi Teknologi Pada Pembelajaran Di

Sekolah (Sebuah Upaya Menghadapi Era

Digital dan Disrupsi),” Eksponential J., vol.

, no. 2, pp. 26–35, 2021

Z. Elga and M. Mona Adha,

“Penggunaan E-Learning Dalam

Meningkatkan Literasi Digital Siswa pada

Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan

Kewarganegaraan,” J. Pendidik. dan

Pembelajaran, vol. 3, no. 1, pp. 1–10, 2023

H. Novriza and S. Dhewantoro,

“StrategiPeningkatan Kompetensi Guru

Melalui Pendidikan Profesi Berkarakter,”

Pros. “Profesionalisme guru abad xxi”

Semin. Nas. IKA UNY, pp. 103– 111, 2018.

B. Benaziria, “Pengembangkan Literasi

Digital pada Warga Negara Muda dalam

Pembelajaran PPKn melalui Model VCT,”

Jupiis J. Pendidik. Ilmu- Ilmu Sos., vol. 10,

no. 1, p. 11, 2018.

N. Rohmah, “Literasi Digital Untuk

Peningkatan Kompetensi Guru Di Era

Revolusi Industri 4.0,” Awwaliyah Jurnal

PGMI, vol. 2, no. 2, pp. 128–134, 2019.

S. Rapika and A. P. Sari, “Pengaruh

Kepribadian Dan Kemampuan Intelektual

Terhadap Kompetensi

Guru Di Smkn 3 Kota Bengkulu,” Manag.

Insight J. Ilmu. Manajemen., vol. 12, no. 2,

pp. 64–76, 2019.

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-11

Cara Mengutip

Kusuma, B. J. M. D. (2024). STRATEGI PERAN PENDIDIK DALAM MEMBANGUN LITERASI DIGITAL DI ERA SEKOLAH SOCIETY 5.0 PADA PENDIDIKAN PANCASILA KELAS XI SMA. Prosiding Seminar Nasional PPKn FKIP UNS, 7(1), 98–103. Diambil dari https://seminar.mediainformasipkn.id/index.php/Prosiding/article/view/18