STRATEGI PERAN PENDIDIK DALAM MEMBANGUN LITERASI DIGITAL DI ERA SEKOLAH SOCIETY 5.0 PADA PENDIDIKAN PANCASILA KELAS XI SMA
Kata Kunci:
pancasila, membangun literasi digital, peserta didik, era society 5.0Abstrak
Membangun literasi digital pada era Sekolah Society 5.0 merupakan sebuah tantangan bagi pendidik dan sistem pendidikan secara keseluruhan. Era Society 5.0 menekankan integrasi yang semakin erat antara manusia dengan teknologi, sehari-hari. Dalam konteks ini, literasi digital sendiri bukan lagi hanya menjadi penggunaan untuk menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak secara teknis, tetapi juga memahami implikasi etis, sosial, dan budaya dari teknologi digital. Dalam era dimana teknologi informasi dan komunikasi (TIK) menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari, penting bagi pendidik untuk memastikan bahwa siswa memiliki kemampuan literasi digital yang kuat untuk berhasil dalam pembelajaran di sekolah yang semakin terhubung secara digital. Tujuan penulisan artikel ini yaitu untuk memberikan alternatif solusi berupa strategi peran pendidik dalam membangun literasi digital di era sekolah society 5.0 pada Pendidikan Pancasila kelas XI SMA dengan menggunakan Metode penelitian kualitatif dilakukan dengan mengkaji literatur yang relevan dan menelusuri sumber bacaan yang terkait dengan judul penelitian. Dalam proses ini, peneliti mempelajari artikel jurnal dan buku yang berhubungan dengan topik penelitian untuk memahami konsep dan teori yang terkait. Dengan demikian, peneliti dapat membangun dasar teoritis yang kuat dan memahami konteks yang relevan untuk penelitian Hasil pembahasan menunjukan bahwa terdapat beberapa strategi untuk membangun literasi digital peserta didik pada mata pelajaran pendidikan pancasila kelas XI SMA yaitu dengan berbagai sudut pendekatan seperti pada guru, Kurikulum, materi media pembelajaran, dan soal yang diberikan. Melalui strategi tersebut diharapkan akan memberikan efek signifikan terhadap membnagun literasi digital peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas XI SMA.
Referensi
Darwanto, M. Khasanah, and A. M.
Putri, “Penguatan Literasi, Numerasi, Dan
Adaptasi Teknologi Pada Pembelajaran Di
Sekolah (Sebuah Upaya Menghadapi Era
Digital dan Disrupsi),” Eksponential J., vol.
, no. 2, pp. 26–35, 2021
Z. Elga and M. Mona Adha,
“Penggunaan E-Learning Dalam
Meningkatkan Literasi Digital Siswa pada
Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan,” J. Pendidik. dan
Pembelajaran, vol. 3, no. 1, pp. 1–10, 2023
H. Novriza and S. Dhewantoro,
“StrategiPeningkatan Kompetensi Guru
Melalui Pendidikan Profesi Berkarakter,”
Pros. “Profesionalisme guru abad xxi”
Semin. Nas. IKA UNY, pp. 103– 111, 2018.
B. Benaziria, “Pengembangkan Literasi
Digital pada Warga Negara Muda dalam
Pembelajaran PPKn melalui Model VCT,”
Jupiis J. Pendidik. Ilmu- Ilmu Sos., vol. 10,
no. 1, p. 11, 2018.
N. Rohmah, “Literasi Digital Untuk
Peningkatan Kompetensi Guru Di Era
Revolusi Industri 4.0,” Awwaliyah Jurnal
PGMI, vol. 2, no. 2, pp. 128–134, 2019.
S. Rapika and A. P. Sari, “Pengaruh
Kepribadian Dan Kemampuan Intelektual
Terhadap Kompetensi
Guru Di Smkn 3 Kota Bengkulu,” Manag.
Insight J. Ilmu. Manajemen., vol. 12, no. 2,
pp. 64–76, 2019.