PENYESUAIAN KURIKULUM PENDIDIKAN PANCASILA DALAM MENGHADAPI DINAMIKA PERKEMBANGAN GLOBAL PADA ERA SOCIETY 5.0 DI SEKOLAH: SISWA MAMPU MENGEMBANGKAN SOLUSI KREATIF BERBASIS TEKNOLOGI UNTUK MEMEPERKUAT NILAI NILAI KEBANGSAAN
Kata Kunci:
Era Society 5.0, Sumber Daya Manusia, PendidikanAbstrak
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penyesuaian kurikulum pendidikan Pancasila dalam
menghadapi dinamika perkembangan global pada era Society 5.0. Metode yang digunakan
adalah deskriptif kualitatif, mengutamakan analisis artikel dan jurnal online. Tujuannya adalah
mengetahui penyesuaian kurikulum pendidikan Pancasila dalam menghadapi perkembangan
global di era Society 5.0. Pada masa sekarang ini telah terjadi banyak perubahan yang terjadi
dalam pendidikan yang di sebabkan karena adanya kemajuan teknologi. kemajuan teknologi ini
telah mengubah cara manusia dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Transisi dari Revolusi
Industri ke Era Society 5.0 menandakan bahwa perkembangan dunia terus bergerak maju,
sehingga masing-masing individu harus dapat diandalkan dan mampu hidup dalam konteks
global yang modern. Era Society 5.0 akan berfokus pada penggunaan teknologi dalam membantu
pengelolaan sumber daya manusia yang lebih baik. Dengan adanya Era ini, indonesia memiliki
tantangan baru untuk menghadapinya. Cara menghadapinya dengan melalui pendidikan,
Pendidikan di indonesia harus mampu menghadapi hal tersebut untuk menentukan kemajuan,
dengan pendidikan membuat masyarakat berfikir menjadi lebih maju. Selain itu perlu adanya
penyesuaian kurikulum pada pendidikan pancasila untuk menghadapi perkembangan Global Era
Society ini karena pendidikan Pancasila perlu disesuaikan dengan perkembangan teknologi dan
dinamika sosial yang ada agar dapat mengajarkan nilai-nilai Pancasila secara relevan dan
aplikatif dalam kehidupan modern, serta mengembangkan pemahaman tentang nilai-nilai
kemanusiaan, keadilan, dan demokrasi dalam konteks era digital dan globalisasi.
Referensi
F. Wahyuni, “Kurikulum dari masa ke masa (telaah atas pentahapan kurikulum pendidikan di Indonesia),” Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan dan Keagamaan, vol. 10, no. 2, pp. 231–242, 2015.
M. Zulkifli, “PERKEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI INDONESIA (Telaah Kurikulum PAI Pra Kemerdekaan hingga Kurikulum Merdeka),” vol. 2, 2023, [Online]. Available: https://www.ejournal.iainukebumen.ac.id/index.php/pai
S. Suparlan, “Implementasi Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 pada Pembelajaran IPA di SD/MI Kelas IV,” FONDATIA, vol. 1, no. 2, pp. 93–115, Sep. 2017, doi: 10.36088/fondatia.v1i2.104.
D. Wirianto, “Perspektif Historis Transformasi Kurikulum di Indonesia Oleh,” 2014. [Online]. Available: http://dedidwigatama.
L. Anitasari and A. Cahyono, “Kurikulum dan Pola Ilmu Pengetahuan Pada Masa Orde Lama dan Orde Baru,” Social Science Academic, vol. 1, no. 2, pp. 93–98, Jul. 2023, doi:
37680/ssa.v1i2.3390.
E. Mulyasa, Pengembangan dan implementasi kurikulum. 2014.
M. Marisa, “INOVASI KURIKULUM „MERDEKA BELAJAR‟ DI ERA SOCIETY 5.0,” vol. 5, no. 1, 2021.