HUBUNGAN PENDIDIKAN PANCASILA DALAM MENINGKATKAN MORALITAS MAHASISWA PADA ERA SOCIETY 5.0
Kata Kunci:
moral, karakter, pancasila, kewarganegaraan, mahasiswaAbstrak
Seiring berkembangnya zaman perkembangan teknologi dan komunikasi juga terus meningkat dengan sangat pesat, yang mana hal ini tentu saja mempengaruhi pola kehidupan di masyarakat. Pada penelitian ini membahas hubungan Pendidikan Pancasila dalam upaya meningkatkan moralitas mahasiswa. Untuk itu digunakan metode penelitian kualitatif dengan studi literatur berdasarkan sumber yang relevan dan kredibel untuk memastikan kebenaran penelitian ini. Faktanya pada era society 5.0 ini sangat berpengaruh terhadap karakter serta moralitas mahasiwa, degredasi moral yang terjadi pada mahasiswa menjadi bukti bahwa kurangnya pendidikan karakter yang dilakukan oleh sebab itu Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan menjadi salah satu bentuk upaya untuk mengatasi hal tersebut.
Referensi
Titus, C.”Civic Education for Global Comprehension”, in Branson, M.S. et all. (eds.), Study Civic Education From USA, alih bahasa Syafruddin, M.Y. Alimi, & M. N. Khoiron. Yogyakarta: LKIS dan The Asia Foundation (TAF), 1999.
Parker, W.C., Ninomiya, A., & Cogan, J. “Educating World Citizens: Toward Multinational Curriculum Development”, dalam American Educational Research Journal, 36 (2), 1999, pp. 117-145.
Rienties, B., & Toetenel, L. 2016. The impact of 151 learning designs on student satisfaction and performance: Social learning (analytics) matters. Proceedings of the sixth international conference on learning analytics & knowledge (pp. 339–343). ACM.
Kemp, Jerrold E. Instruction Desigen: A Plan for Unit and CourseDevelopment, Belmon: Feron, 1995.