Kiprah Pendidikan Kewarganegaraan: Membentuk Karakter Super Smart Society melalui Pembiasaan Pembelajaran Kolaboratif di Perguruan Tinggi

Penulis

  • Dewi Novita Sari

Kata Kunci:

Pendidikan, Kewarganegaraan, Kolaboratif, Society 5.0

Abstrak

Artikel ini akan membahas implementasi pembelajaran kolaboratif pada Pendidikan Kewarganegaraan di lingkungan perguruan tinggi sebagai strategi untuk mempersiapkan SDM “super smart society” atau masyarakat super cerdas di era society 5.0. Artikel ini disusun menggunakan metode deskriptif kualitatif, dimana penulis mencoba menelaah informasi aktual yang terjadi berdasarkan kajian literatur. Era Society 5.0 merupakan perkembangan dari era revolusi 4.0 yang sudah ada sebelumnya. Pada era ini setiap individu didorong untuk memiliki kecerdasan yang mampu bersaing dengan kecerdasan teknologi informasi. Pengadaan pembelajaran kolaboratif pada Pendidikan Kewarganegaraan di tingkat perguruan tinggi bertujuan untuk mempersiapkan generasi muda dalam menghadapi tantangan perkembangan global dengan tetap memegang teguh jati diri bangsa. Karakter Super smart society memungkinkan setiap individu untuk dapat meningkatkan kualitas hidupnya serta memunculkan solusi-solusi berkelanjutan bagi lingkungan di sekitarnya. Pada era society 5.0 ini diharapkan manusia dapat menciptakan perubahan yang signifikan terhadap laju kehidupan global

Referensi

“statistik-telekomunikasiindonesia-2022”.

N. Doktor et al., “Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi,” 2013.

Purnamawati dan Hendra Jaya, “Pengembangan Model Pembelajaran Kolaboratif Melalui Pendekatan Cscl (Computer Supported Collaborative Learning) Pada Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar,” Jurnal Media Komunikasi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, vol. 3, no. 2, 2016, Accessed: Apr. 15, 2024.

Z. Nurakun Kyzy, R. Ismailova, and H. Dündar, “Learning management system implementation: a case study in the Kyrgyz Republic,” Interactive Learning Environments, vol. 26, no. 8, pp. 1010–1022, Nov. 2018, doi: 10.1080/10494820.2018.1427115.

“7757-24249-1-PB”.

Siahaan, R. Y., Nisa, C., Lathifah, M., & Manullang, J. M. (2023). Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Terhadap Peningkatan Karakter Mahasiswa PPKN Unimed. SOKO GURU: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 07-16.

E. Wiyanarti, “Studies Sebagai Pembentukan Karakter Cerdas Bagi Generasi Muda Pada Masa Global.” [Online]. Available: https://ojs.unm.ac.id/supremasi

N. S. Fitriasari, M. R. Apriansyah, and R. N. Antika, “Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Online,” Inspiration: Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, vol. 10, no. 1, Jun. 2020, doi: 10.35585/inspir.v10i1.2564.

D. Setiawan and M. Lenawati, “Peran Dan Strategi Perguruan Tinggi Dalam Menghadapi Era Society 5.0,” 2020

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-11

Cara Mengutip

Sari, D. N. (2024). Kiprah Pendidikan Kewarganegaraan: Membentuk Karakter Super Smart Society melalui Pembiasaan Pembelajaran Kolaboratif di Perguruan Tinggi. Prosiding Seminar Nasional PPKn FKIP UNS, 7(1), 86–92. Diambil dari https://seminar.mediainformasipkn.id/index.php/Prosiding/article/view/13