ANALISIS MODEL PENCEGAHAN PERUNDUNGAN DI PERSEKOLAHAN UNTUK MEWUJUDKAN SEKOLAH RAMAH ANAK
Keywords:
Model Pencegahan Perundungan, Sekolah, Ramah AnakAbstract
Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan Upaya yang dilakukan oleh pihak sekolah sasaran dalam mencegah perilaku perundungan/bullying di sekolah. Bullying merupakan salah satu dosa besar dalam pendidikan yang harus dihindari. Penelitian ini merupakan study literature. Penelitian ini menggunakan desain kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian dilakukan di SMA/SMK Kota Dumai dengan melibatkan peserta didik dan guru di sekolah pada rentang waktu Juni-November Tahun 2023. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan model miles and Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, verfikasi dan reduksi data, penarikan kesimpulan. Adapun Teknik triangulasi menggunakan triangulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) strategi yang dilakukan pihak sekolah dalam pencegahan bullying meliputi edukasi bullying oleh guru bimbingan konseling di sekolah ; (2) materi yang diberikan meliputi defenisi bullying, penanganan pelaku dan korban bullying hingga cara mencegah perilaku bullying; (3) metode yang digunakan dalam edukasi bullying meliputi ceramah dan diskusi hingga menggunakan media seperti poster dan tayangan video di youtube. Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa sekolah telah melakukan Upaya pencegahan bullying untuk mewujudkan sekolah ramah anak namun untuk kedepannya diupayakan lebih baik dengan melibatkan pihak terkait lainnya seperti civitas akadenika perguruan tinggi, LSM yang focus pada penanganan HAM dan perlindungan anak hingga apparat penegak hukum untuk sosialisasi regulasi bullying di Indonesia, ekslorasi materi yang komprehensif dan metode yang menarik serta melibatkan peserta didik secara lebih aktif.
References
A. Damanik, G. N., & Djuwita, R. (2019). Gambaran Perundungan pada Siswa Tingkat SMA di Indonesia. Journal Psikogenesis, 7(1), 28–40. https://doi.org/10.24854/jps.v7i1.875.
Ahmad Eddison, Hambali, H. (2023). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Pancasila Pada Guru MGMP PPKn SMA / SMK. JCES, 6(1), 2–10.
Azzahra, A., & Haq, A. L. A. (2019). Intensi Pelaku Perundungan (Bullying) : Studi Fenomenologi Pada Pelaku Perundungan di Sekolah. Psycho Idea, 17(1), 67. https://doi.org/10.30595/psychoidea.v17i1.3849.
Borualogo, I. S., & Gumilang, E. (2019). Kasus Perundungan Anak di Jawa Barat: Temuan Awal Children’s Worlds Survey di Indonesia.
Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 6(1), 15–30. https://doi.org/10.15575/psy.v6i1.4439.
Borualogo, I. S., Wahyudi, H., & Kusdiyati, S. (2020). Prediktor perundungan siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 8(1), 35.
https://doi.org/10.22219/jipt.v8i1.9841.
Brett, H., Jones Bartoli, A., & Smith, P. K. (2023). Sibling bullying during childhood: A scoping review. Aggression and Violent Behavior, 72(June), 101862. https://doi.org/10.1016/j.avb.2023.101862.
Dewantara, J. A., Nurgiansah, T. H., & Rachman, F. (2021). Mengatasi Pelanggaran Hak Asasi Manusia dengan Model Sekolah Ramah HAM (SR-HAM). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 261–269. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.277.
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075.
Hambali, H., Rafni, A., Arianto, J., & ... (2023). Analyzing Experiences, Prevention and Treatment of Bullying At Schools. JED (Jurnal Etika …, 4, 469–482. https://doi.org/10.26618/jed.v.
Harahap, N. (2020). Penelitian Kualitatif. In Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar: Vol.
ISBN 978-6 (Issue Sumatera Utara).
He, E., Ye, X., & Zhang, W. (2023). The effect of parenting styles on adolescent bullying behaviours in China: The mechanism of interpersonal intelligence and intrapersonal intelligence. Heliyon, 9(4), e15299. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e15299.
Mansyur, A. I., Badrujaman, A., Imawati, R., & Fadhillah, D. N. (2020). Konseling Online Sebagai Upaya
Menangani Masalah Perundungan Di Kalangan Anak Muda. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 29(2), 140–154. https://doi.org/10.23917/jpis.v29i2.8501.
Mufrihah, A. (2016). Perundungan Reaktif di Sekolah Dasar dan Intervensi Berbasis Nuansa Sekolah. Jurnal Psikologi, 43(2), 135. https://doi.org/10.22146/jpsi.15441.
Putri, F. R. (2018). Hubungan Pola Asuh Otoriter Terhadap Perilaku Perundungan Pada Remaja. JKKP
(Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 5(2), 101–108. https://doi.org/10.21009/jkkp.052.01.
Rahmawati, S. W. (2016). Peran Iklim Sekolah terhadap Perundungan. Jurnal Psikologi, 43(2), 154. https://doi.org/10.22146/jpsi.12480.
Ramdhani, N. (2016). Emosi Moral dan Empati pada Pelaku Perundungan-siber. Jurnal Psikologi, 43(1), 66. https://doi.org/10.22146/jpsi.12955.
Sansait, J. R. M., Aguiling-Saldaña, G. F., & Retiracion, P. M. A. (2023). Does the type of school matter in preventing bullying? Knowledge, experience, and readiness to face bullying by students enrolled in public and private schools in the Philippines. Social Sciences and Humanities Open, 8(1). https://doi.org/10.1016/j.ssaho.2023.100530.
Susilawati, E., Sarifuddin, S., Data, P., & Pendidikan, K. (2021). Internalization of Pancasila Values in Learning through Implementation of Pancasila Student Profile with “ Merdeka Mengajar ”Platform. Jurnal TEKNODIK, 25(2), 155–168.
Tang, I., Supraha, W., & Rahman, I. K. (2020). Upaya mengatasinya perilaku perundungan pada usia remaja. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 14(2), 93. https://doi.org/10.32832/jpls.v14i2.3804.
Trisnani, R. P., & Wardani, S. Y. (2019). Perilaku Bullying Di Sekolah. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan
Konseling, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.31316/g.couns.v1i1.37.
Wijayanti, Citra Putri;Uswatun, A. T. (2019). Perangi Tindak Perundungan (Bullying) dengan Penanaman Pendidikan Karakter Sejak Dini Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pagelaran Pendidikan Dasar Nasional (Ppdn) 2019, 1(1), 16–26.