URGENSI NILAI NILAI KARAKTER PADA MAHASISWA DALAM PENGGUNAAN INTERNET SEBAGAI UPAYA MEMBENTUK DIGITAL CITIZENSHIP DI ERA SOCIETY 5.0
Keywords:
Digital citizenship, Teknologi, Internet, MahasiswaAbstract
Era society 5.0 membawa perubahan yang signifikan terhadap pola perilaku masyarakat terutama pada kemajuan teknologi. Teknologi yang berkembang pesat menimbulkan berbagai efek. Salah satunya dalam penggunaan internet. Selain meningkatkan kreativitas dan produktifitas internet juga membawa konsekuensi yang negatif di era digital society 5.0. beredarnya isu hoax, fitnah, bahkan ujaran kebencian yang dengan mudah diakses melalui internet. Menunjukkan belum adanya proses pendewasaan dan nilai nilai karakter dalam diri seseorang. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis urgensi nilai nilai karakter pada mahasiswa dalam penggunaan internet sebagai upaya membentuk digital citizenship di era society 5.0. penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan. Pengumpulan data dilakukan melalui dokumen yang relevan seperti jurnal, artikel ilmiah dan prosiding. Hasil penelitian diperoleh bahwasanya nilai nilai karakter pada mahasiwa dalam menggunakan internet, begitu penting sebagai upaya dalam membentuk digital citizenship terkhusus di era society 5.0 dimana seluruh aktivitas kegiatan dilakukan melalui digital. Digital citizenship menjadi kunci penting membantu para mahasiwa menjadi pengguna internet yang bijak dan bertanggung jawab. Dibutuhkan upaya bersama dari seluruh pihak, terutama perguruan tinggi sebagai lembaga pendidikan tinggi untuk memberikan pembelajaran dan pelatihan mengenai nilai-nilai karakter dalam penggunaan internet kepada mahasiswa untuk membentuk digital citizenship.
References
N. N. Putri Nursanti, “Urgensi Pendidikan Karakter Dalam Membentuk Digital Citizenship yang Kritis,” Educatio, Jun. 2023, doi: 10.29408/edc.v18i1.14054.
V. Sunarti, “Penanaman Nilai Karakter sebagai Upaya Mereduksi Dampak Negatif Era Digital.”
A. Armawi and D. Wahidin, “Optimalisasi peran internet dalam mewujudkan digital citizenship dan implikasinya terhadap ketahanan pribadi siswa,” Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, vol. 17, no. 1, pp. 29–39, May 2020, doi: 10.21831/jc.v17i1.30146.
J. Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, R. Daddy Setyawan, and M. Hijran, “Implementasi Digital citizenship untuk Kalangan Gen Z Mahasiswa Pada Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan,” vol. 11, no. 2, 2023, [Online]. Available: http://journal.umpo.ac.id/index.php/dimensi/ index
D. B. Arif, “Pengembangan Komponen Kompetensi Kewargaan Dalam Buku Teks Pendidikan Kewarganegaraan Smp/Mts.”
D. Setiyaningsih, P. Guru, and S. Dasar, “Peran Etika Dan Profesi Kependidikan Dalam Membangun NilaiNilai Karakter Mahasiswa Calon Guru Sd.”
Nirra Fatmah, “Pembentukan Karakter Dalam Pendidikan,” 2018. [Online]. Available: http://ejournal.iaitribakti.ac.id/index.php/tribakti/article/view/,
W. H. Prasetiyo, B. Sumardjoko, A. Muhibbin, N. B. M. Naidu, and A. Muthali’in, “Promoting Digital Citizenship among Student-Teachers: The Role of Project-Based Learning in Improving Appropriate Online Behaviors,” Participatory Educational Research, vol. 10, no. 1, pp. 389–407, 2023, doi: 10.17275/per.23.21.10.1.
A. M. Shiddiqi et al., “Penggunaan Internet dan Teknologi IoT untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan,” 2020. [Online]. Available: https://zoom.us/j/91019044215?pwd=M05P Mkh6YlRM
Sugiarto, “Literasi Digital Sebagai Jalan Penguatan Pendidikan Karakter Di Era Society 5.0,” Jurnal ilmu pendidikan, vol. 6, no. 3, 2023.