HUBUNGAN PENGGUNAAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE DI KALANGAN MAHASISWA DENGAN TINGKAT MOTIVASI BELAJAR PADA ERA SOCIETY 5.0
Keywords:
artificial intelligance (AI), mahasiswa, motivasi belajarAbstract
Penggunaan Artificial Intelligance (AI) dalam kehidupan sehari-hari kini marak digunakan dan telah menjadi subjek minat yang tinggi di kalangan mahasiswa pada era Society 5.0. Kaitannya dengan motivasi belajar, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara penggunaan AI dengan tingkat motivasi belajar mahasiswa pada era Society 5.0. Dalam penelitian ini, teknik pengambilan sample dilakukan dengan metode quota sampling yang dilakukan terhadap 100 mahasiswa PTN maupun PTS yang tersebar di Indonesia yang kemudian diujikan menggunakan teknik statistik yaitu Uji-Chisquare. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan AI secara signifikan dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa, utamanya dalam aspek kepuasan dan keaktifan belajar. Hal ini dikarenakan AI, membantu mahasiswa dalam mengakses informasi dengan lebih luas, mudah dan cepat, serta memungkinkan mereka lebih aktif dalam proses belajar. Dengan demikian, hasil penelitian ini menyarankan dalam penggunaan AI di era Soceiety 5.0 harus dilaksanakan dengan cara yang seimbang dan berorientasi pada kepentingan belajar mahasiswa.
References
U. A. Faruqi, "Survey Paper : Future Service in Industry 5.0," Jurnal Sistem Cerdas , vol. 2, no. 1, pp. 67-79, 2019.
R. P. Ardinata, H. K. Ahmad, F. S. Andreas and W. W. , "Kepemimpinan transformasional sebagai solusi pengembangan konsep smart city menuju era society 5.0: sebuah kajian literatur [Transformational leadership as a solution for the development of the smart city concept in the society era: a literature review]," Al-Ihtiram: Multidisciplinary Journal of Counseling and Social Research, vol. 1(1), pp. 33- 44, 2022
L. Lomu and S. A. Widodo, "Pengaruh motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa.," 2018.
S. I. A. Adan, "Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar siswa," Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, vol. 1(2)., 2023.
N. Daulay, " Motivasi Dan Kemandirian Belajar Pada Mahasiswa Baru," AlHikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, vol. 18(1), pp. 21-35, 2021.
M. Siahaan, C. H. Jasa, M. V. Rosiana, S. Lim, W. Yudianto and K. Anderson, "Penerapan Artificial Intelligence (AI) Terhadap Seorang Penyandang Disabilitas Tunanetra," Journal of Information System and Technology (JOINT), vol. 1(2), pp. 186-193, 2020. [7] I. Farid, A. H. Reksoprodjo and Suhirwan. , "Pemanfaatan Artificial Intelligence Dalam Pertahanan Siber," Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, vol. 10(2), pp. 779-788, 2023.
K. Seo, J. Tang, I. Roll, S. Fels and D. Yoon, "The impact of Artificial Intelligence on learner–instructor interaction in online learning," International Journal of Educational Technology in Higher Education, 2021.
H. Nufus, "Pengaruh Penggunaan ChatGPT Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa STMIK Antar Bangsa," Jurnal Teknik Informatika, vol. 10(1), pp. 28-23, 2024