URGENSI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DALAM MENINGKATKAN CIVIC DISPOSITION PESERTA DIDIK DI ERA SOCIETY 5.0

Penulis

  • Renny Indah Setefani

Kata Kunci:

Pendidikan Pancasila, Civic Disposition, Era Society 5.0

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis urgensi Pembelajaran Pendidikan Pancasila dalam
meningkatkan civic disposition peserta didik di era society 5.0. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini melalui studi Pustaka seperti jurnal nasional, jurnal internasional, e-book dan
dokumen lain yang mendukung. Hasil penelitian terdapat Survei Indeks Optimisme Indonesia
Tahun 2023 menunjukkan ”etika bermedia sosial yang baik” di kalangan peserta didik
SMA/SLTA memiliki skor terendah dengan angka 6,97% dibandingkan survei pada dimensi
lain. Oleh karena itu, perlunya meningkatkan civic disposition peserta didik di sekolah. Melalui
Kurikulum Merdeka, mata pelajaran Pendidikan Pancasila penting untuk meningkatkan civic
disposition. Hal ini merujuk pada keputusan BSKAP Nomor 033/H/KR/2023 dari salah satu
elemen Pancasila Fase E dengan Indikator Ketercapaian Tujuan Pembelajaran Peserta didik
mampu memprakarsai kedudukan Pancasila sebagai peluang dan tantangan dalam menerapkan
nilai-nilai Pancasila pada kehidupan global. Diharapkan peserta didik dapat menunjukkan sikap
yang kritis serta apresiatif dari adanya dampak globalisasi dalam menghadapi dinamika
perkembangan global di era society 5.0. Sehingga, peserta didik harus mampu membekali dan
mempersiapkan diri dalam menghadapi dinamika perkembangan global melalui proses
pembelajaran, interaksi, dan memiliki sikap yang positif. Hal tersebut harus dikembangkan guna
menghadapi era society 5.0.

Referensi

S. Suyato, M. Murdiono, B. Mulyono, and I. Arpannudin, “Upaya pembentukan warga negara yang baik dan tantangan yang dihadapi oleh para guru PKn peserta SM3T 2015,” J. Civ. Media Kaji. Kewarganegaraan, vol. 13, no. 2, pp. 137–150, 2016, doi: 10.21831/civics.v13i2.12737.

Y. Parwati, N. P. Saylendra, and Y. Nugraha, “Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dalam Meningkatkan Civic Disposition Siswa Pada Kurikulum Merdeka,” Cive J. Penelit. Pendidik. Pancasila dan Kewarganegaraan, vol. 3, no. 9, pp. 310–316, 2023, doi: 10.56393/decive.v3i9.1782.

Good News From Indonesia and Lembaga Survei Kedai KOPI, “Laporan Survei Indeks Optimisme Generasi Muda Indonesia 2022 Latar Belakang Survei,” pp. 1–40, 2022, [Online]. Available: https://kedaikopi.co/survei/survei- optimisme-optimisme-generasi-muda-2022-menurun-4-dibandingkan-2021/

M. N. Adlini, A. H. Dinda, S. Yulinda, O. Chotimah, and S. J. Merliyana, “Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka,” Edumaspul J. Pendidik., vol. 6, no. 1, pp. 974–980, 2022, doi: 10.33487/edumaspul.v6i1.3394.

L. A. Nasution and N. A. Rambe, “Analisa Efektivitas Pentingnya Pendidikan Pancasila dalam Membangun Civic Disposition Murid dalam Konteks Kurikulum Merdeka Pada Siswa UPT SDN 19 Tanjung Harapan Pendahuluan,” J. Gener. Ceria Indonesia., no. November, pp. 2019– 2024, 2023, doi: 10.47709/geci.

Y. G. Malatuny and R. Rahmat, “Pembelajaran Civic Education Dalam Mengembangkan Civic Disposition,” Pedagog. J. Pedagog. dan Din. Pendidik., vol. 5, no. 1, pp. 56–68, 2020, doi: 10.30598/pedagogikavol5issue1page56- 68.

N. Elisa, “Peranan Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Pendidikan Karakter Bangsa,” Kalam Keadilan J. Huk., vol. 5, no. 1, pp. 17–31, 2017, [Online]. Available: https://ejurnal.univamedan.ac.id/index.p hp/kalamkeadilan/article/view/44

Nurkholis, “PENDIDIKAN DALAM UPAYA MEMAJUKAN TEKNOLOGI Oleh: Nurkholis Doktor Ilmu Pendidikan, Alumnus Universitas Negeri Jakarta Dosen Luar Biasa Jurusan Tarbiyah STAIN Purwokerto,” vol. 1, no. 1, pp. 24–44, 2013.

dan T. Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, “Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 033/H/KR/2023 tentang Perubahan Kedua Atas Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendi,” Kemdikbudristek, no. 021, 2023.

L. S. I. Lumuan, A. Wantu, and U. Hamim, “Guru Moral Peserta Didik Di Smp Negeri 1 Banggai Tengah Kabupaten,” J. Rev. Pendidik. dan Pengajaran, vol. 6, no. 2, pp. 210–221, 2023.

P. N. P. Nanda, F. A. Bahrudin, and D. S. Fitrayadi, “Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Menanamkan Civic Disposition bagi Peserta Didik di SMA Negeri 3 Kota Tangerang,” Civ. Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidik. Pancasila dan Kewarganegaraan, vol. 10, no. 1, p. 1, 2022, doi: 10.31764/civicus.v10i1.7331.

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-11

Cara Mengutip

Setefani, R. I. (2024). URGENSI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DALAM MENINGKATKAN CIVIC DISPOSITION PESERTA DIDIK DI ERA SOCIETY 5.0. Prosiding Seminar Nasional PPKn FKIP UNS, 7(1), 223–229. Diambil dari https://seminar.mediainformasipkn.id/index.php/Prosiding/article/view/88