Peran Pendidikan Karakter Bagi Generasi Digital Native Di Tengah Fenomena Hate Speech On Social Media Di Era Society 5.0

Penulis

  • Frieda Helenna Nareswari

Kata Kunci:

Ujaran kebencian, Globalisasi, Pendidikan Karakter

Abstrak

Teknologi di era globalisasi ini memiliki dampak yang cukup besar terhadap perkembangan peradaban dunia, khususnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Salah satu bentuk teknologi informasi dan komunikasi yang diciptakan di dunia ini adalah teknologi berupa media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran pendidikan karakter bagi generasi digital native di tengah fenomena hate speech pada sosial media di era society 5.0. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan studi kepustakaan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan studi literatur. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah pendidikan karakter berperan sebagai solusi dari mengatasi fenomena hate speech atau ujaran kebencian, sehingga perlu adanya penguatan pendidikan karakter terkhusus bagi generasi digital native supaya dapat menggunakan dan memanfaatkan media sosial dengan bijak.

Referensi

I. Pembelajaran untuk Pendidikan Berkemajuan, A. Indramawan, and N. Hafidhoh, “PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN MEDIA PEMBELAJARAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN SEMANGAT BELAJAR,” 2015.

We Are Social, “DIGITAL 2024: 5 BILLION SOCIAL MEDIA USERS.”

D. Ujaran, K. Sri, M. Pengawas, G. Pai, D. Sma, and K. Pekanbaru, “FENOMENA HATE SPEECH,” 2018. [Online]. Available: http://artikata.com

Nabilah Muhamad, “Mayoritas Anak Muda Indonesia Gunakan Internet untuk Media Sosial.”

Mk. Renie Tri Herdiani, Mp. Ns Isti Antari, Mm. Siska Oktari, P. Desni Yuniarni, and Sp. MPsi, “PSIKOLOGI PERKEMBANGAN REMAJA PENERBIT CV. EUREKA MEDIA AKSARA.”

Sri, “Implementasi UU ITE Harus Berikan Rasa Keadilan di Masyarakat,” Kominfo.

N. Omeri, S. Negeri, and A. Makmur, “PENTINGNYA PENDIDIKAN KARAKTER DALAM DUNIA PENDIDIKAN.” [8] I. Putu Windu Mertha Sujana, I. Made Riyan Cahyadi, and N. Made Widya Sari, “PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK GENERASI DIGITAL NATIVE,” 2021. [Online]. Available: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.p hp/JJPP

Zulkarnain, “STUDIA SOSIA RELIGIA.”2020. [Online]. Available: http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ssr

Zulkarnain, “STUDIA SOSIA RELIGIA.” 2020. [Online]. Available: http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ssr

S. Rokhayah, “Etika Bermedia Sosial,” Kementrian Keuangan Republik Indonesia. Diakses pada 16 April 2024 https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpk nl-pekalongan/baca- artikel/14086/Etika-Bermedia- Sosial.html

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-11

Cara Mengutip

Nareswari, F. H. (2024). Peran Pendidikan Karakter Bagi Generasi Digital Native Di Tengah Fenomena Hate Speech On Social Media Di Era Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional PPKn FKIP UNS, 7(1), 52–59. Diambil dari https://seminar.mediainformasipkn.id/index.php/Prosiding/article/view/8