PENDIDIKAN PANCASILA DI PERGURUAN TINGGI SEBAGAI UPAYA MEMBENTUK KARAKTER BANGSA DALAM MENGHADAPI ERA SOCIETY 5.0

Penulis

  • Audri Septiyana Putri

Kata Kunci:

Pendidikan Pancasila, Perguruan Tinggi, Karakter Bangsa

Abstrak

Kajian penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan konsep Pendidikan Pancasila di perguruan tinggi dan mendeskripsikan peran Pendidikan Pancasila di perguruan tinggi dalam membentuk karakter bangsa menghadapi era society 5.0. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi literatur. Pendidikan Pancasila di perguruan tinggi memiliki peran yang krusial dalam membentuk karakter bangsa yang kuat dan bermoral tinggi di era Society 5.0. Dengan transformasi cepat dalam teknologi dan dinamika sosial yang menyertainya, mata kuliah ini tidak hanya mengajarkan nilai-nilai dasar negara, tetapi juga mengembangkan sikap, nilai, dan karakter yang relevan dengan tuntutan zaman. Melalui pendekatan komprehensif dan partisipatif, pendidikan Pancasila mempersiapkan mahasiswa untuk menghadapi tantangan masa depan dengan landasan nilai yang kokoh, menjadikan mereka sebagai agen perubahan yang adaptif, inovatif, dan berintegritas dalam masyarakat global yang semakin terhubung.

Referensi

A. P. Kirani and F. U. Najicha, “Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Pedoman dalam Menghadapi Era Society 5.0 Mendatang,” J. Educ. FKIP UNMA, vol. 8, no. 2, pp. 767–773, 2022, doi: 10.31949/educatio.v8i2.2391.

A. Wibowo, Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0. 2023. [Online]. Available:https://penerbit.stekom.ac.id/index.php/yayasanpat/article/view/457.

R. D. Setyawan, M. Hijran, and R. Rozi, “Implementasi Digital citizenship untuk Kalangan Gen Z Mahasiswa Pada Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan,” J. Dimens. Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 11, no. 2, pp. 270–279, 2023, doi: 10.24269/dpp.v11i2.6867.

R. Nur, L. Truvadi, R. Agustina, and I. Salam, “Peran Pendidikan Pancasila dalam Membentuk Karakter Bangsa Indonesia: Tinjauan dan Implikasi,” J. Adv. Soc. Humanit. Res., vol. 1, no. 4, pp. 501–510, 2023.

Sutoyo dan Wartoyo, Penguatan Karakter Mahasiswa Melalui Pembelajaran Pendidikan Pancasila,” J. Ilmu Pendidik., vol. 7, no. 2, pp. 809–820, 2020.

Melfianora, “Penulisan Karya Tulis Ilmiah dengan Studi Literatur,” Open Sci. Framew., pp. 1–3, 2019.

Fadhhi & Siti Tiara Maulia, “Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pelopor Pengembangan Karakter Pancasila Diperguruan Tinggi,” PJurnal Kaji. Huk. dan Pendidik. Kewarganegaraan ISSN 2961-8754 http//jurnal.anfa.co.id, vol. 2, pp. 1–23, 2023, [Online]. Available:

http://jurnal.anfa.co.id/index.php/civilia/article/view/303.

E. D. Aryani, N. Fadjrin, T. A. Azzahro’, and R. A. Fitriono, “Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Pendidikan. Karakter,” Gema Keadilan, vol. 9, no. 3, 2022, doi: 10.14710/gk.2022.16430.

A. Istianah, S. Mazid, and R. P. Susanti, “Strategi Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Mata Kuliah Pembentuk Karakter Mahasiswa Learning Strategies for Pancasila Education and Citizenship Education as Courses Student Character Shaper,” vol. 2, no. 1, pp. 17–31, 2021.

M. R. Hayqal and F. U. Najicha, “Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan Peran Pendidikan Pancasila sebagai Pembentuk Karakter Mahasiswa,” J. Civ. Educ. Media Kaji. Pancasila dan Kewarganegaraan, vol. 7, no. 1, pp. 55–62, 2023, [Online]. Available: https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/civic-edu/index.

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-11

Cara Mengutip

Putri, A. S. (2024). PENDIDIKAN PANCASILA DI PERGURUAN TINGGI SEBAGAI UPAYA MEMBENTUK KARAKTER BANGSA DALAM MENGHADAPI ERA SOCIETY 5.0. Prosiding Seminar Nasional PPKn FKIP UNS, 7(1), 272–277. Diambil dari https://seminar.mediainformasipkn.id/index.php/Prosiding/article/view/52