HARMONISASI PENDIDIKAN PANCASILA DI PERGURUAN TINGGI DALAM MEMBANGUN KARAKTER NASIONALISME DI KALANGAN MAHASISWA PADA ERA GLOBAL SOCIETY 5.0
Kata Kunci:
Harmoniasi, Pendidikan Pancasila, Perguruan Tinggi, Karakter NasionalisimeAbstrak
Penelitian ini betujuan untuk menjelaskan peranan Pendidikan Pancasila di perguran tinggi,
menguraikan makna karakter nasionaslimse dan menganalisis harmonisasi Pendidikan Pancasila
dalam membentuk karakter nasionaslime di kalangan mahasiswa. Penelitian ini merupakan
penelitian kualitatif dengan desain studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pendidikan
Pancasila merupakan mata kuliah wajib yang bertujuan menghasilkan lulusan yang tidak hanya
unggul pada akademik namun memiliki integritas moral dan etika yang kuat. Makna dari karakter
nasionaslime adalah proses pembentukan nilai-nilai, sikap, dan tindakan yang menunjukkan rasa
cinta dan kesetiaan terhadap bangsa dan negara Indonesia. Harmonisasi Pendidikan Pancasila
dalam pembentukan karakter tidak hanya sebatas teori saja, melainkan harus ada implementasi
pada kehidupan sehari hari. Dosen Pendidikan Pancasila harus meguasai kompetensi pendidik dan
menerapkan model atau metode pembelajaran yang berbasikan teknologi. Pendekatan
pembelajaran juga harus berorientasi pada masalah dan proyek, agar memberikan pengalaman
langsung pada mahasiswa, selain itu dosen juga berperan menjadi teladan dalam penerapan nilai
nilai Pancasila pada kehidupan sehari-hari. Dengan adanya harmoniasi yang tepat diharapakan
membawa dampak yang positif bagi pembentukan karakter nasionaslime di kalangan mahasiswa.
Referensi
P. Widiatmaka, A. Muid, and A. Shofa, “STRATEGI MATA KULIAH PENDIDIKAN PANCASILA DALAM MEMBENTUK KARAKTER NASIONALISME MAHASISWA DI ERA SOCIETY 5.0,” vol. 7, no. 2, pp. 110–122, 2022, doi: 10.22219/jch.v7i2.21595.
J. Kajian, H. Dan, P. Kewarganegaraan, F. Pramudya, and S. T. Maulia, “Civilia : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SEBAGAI PELOPOR PENGEMBANGAN KARAKTER PANCASILA DIPERGURUAN TINGGI,” vol. 3, 2023, [Online]. Available: http://jurnal.anfa.co.id
S. Peningkatan et al., “DIKLUS: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah,” no. 2, pp. 2023–117, 2023, doi: 10.21831/diklus.v7i2.67048.
N. Amalia Setiawati and B. Rachman, “PERAN PENDIDIKAN PANCASILA DI MASA SOCIETY 5.0,” Jurnal Kewarganegaraan, vol. 6, no. 1, 2022.
T. dan P. T. R. I. Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, PENDIDIKAN PANCASILA, vol. 1. 2016.
I. Nadifah Nur Fauziah and D. Anggraeni Dewi, “MEMBANGUN SEMANGAT NASIONALISME MAHASISWA MELALUI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN,” 2021.
F. Indah, S. Putri, K. Mumtaz, and T. Adam, “Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Membangun Karakter
Bangsa Indonesia,” Surakarta , Jun. 2022.