TRANSFORMASI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM DINAMIKA PERKEMBANGAN GLOBAL PADA ERA SOCIETY 5.0

Penulis

  • Ipop Abdi Prabowo

Kata Kunci:

Transformasi Pendidikan Kewarganegaraan, dinamika global, Era Society 5.0

Abstrak

Globalisasi yang sudah berlangsung dalam beberapa tahun terakhir membawa dinamika global. Dinamika global yang timbul ialah adanya perkembangan teknologi yang pesat dengan ditandainya Revolusi Industri 4.0 yang akibatnya mengharuskan masyarakat beradaptasi pada Era Society 5.0. Era Society 5.0 yang memiliki fokus penggunaan teknologi yang masif. Dengan adanya dinamika global diperlukan suatu pendidikan karakter pada generasi muda melalui Pendidikan Kewarganegaraan untuk menyongsong Era Society 5.0 sehingga ke depannya perlu ada transformasi Pendidikan Kewarganegaraan yang nantinya dapat mengakomodir pendidikan karakter generasi muda dalam menyongsong Era Society 5.0. Tujuan dalam penulisan artikel ini ialah untuk menjabarkan fungsi penting transformasi Pendidikan Kewarganegaraan sebagai usaha menyikapi dinamika global pada Era Society 5.0. Metode yang dipakai pada penelitian ini ialah metode penelitian kualitatif deskriptif, dengan penelitian melalui observasi, penulisan, dan dokumentasi. Dengan sumber data yang didapatkan dari tulisan artikel-artikel jurnal di media dalam jaringan (daring). Kemudian kesimpulan dari penelitian ini adalah Transformasi Pendidikan Kewarganegaraan mengandung arti penting dimana dapat menguatkan karakter dan jati diri generasi muda dalam menghadapi dinamika global pada Era Society 5.0. Dengan adanya transformasi Pendidikan Kewarganegaraan yang komprehensif akan memberikan penguatan pada karakter dan jati diri pada generasi muda bangsa Indonesia dalam menghadapi dinamika global untuk menyongsong Era Society 5.0.

Referensi

S. Franch, Global Citizenship Education Between Qualification, Socialization, and Subjectification, London: Palgrave Macmillan, 2019, p. 60.

J. J. Cogan dan R. Derricott, Citizenship Education for The 21st Century: Setting The Context, London: Kogan Page Limited, 1998.

R. A. Hasan, ―5 Isu Krusial yang Akan Dibahas dalam Sidang Majelis Umum PBB 2018,‖ Liputan 6, 24 September 2018. [Online]. Available: https://www.liputan6.com/global/read/ 3650933/5-isu-krusial-yang-akan- dibahas-dalam-sidang-majelis-umum- pbb-2018. [Diakses 27 Juni 2024].

S. Copland, ―BBC News Indonesia,‖ BBC, 8 Mei 2019. [Online]. Available: https://www.bbc.com/indonesia/vert- fut-48184050. [Diakses 27 Juni 2034].

D. S. Wicaksono, ―E-Repository IAIN Bengkulu,‖ 11 November 2021. [Online]. Available: http://repository.iainbengkulu.ac.id/790 5/. [Diakses 27 Juni 2024].

T. L. D. O., Handriyanto, A. Noviani dan M. M. Adha, ―CIVIC LITERACY: SEBAGAI UPAYA DALAM MEMPERSIAPKAN WARGA NEGARA MENUJU ERA SOCIETY 5.0,‖ dalam E-Prosiding Seminar Nasional Virtual Pendidikan Kewarganegaraan 2021 "Respons Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Menyambut Era Society 5.0", Surakarta, 2021.

F. U. Najicha, ―Academia,‖ 2017. [Online]. Available: https://www.academia.edu/39981475/A ku_Generasi_Unggul_Masa_Depan_G enerasi_Perubahan_Oleh_Fatma_Ulfat un_Najicha. [Diakses 27 Juni 2024].

B. Salgues, Society 5.0: Industry of the Future, Technologies, Methods and Tools, London: ISTE Ltd, 2018.

F. S. O. Alhefeiti, ―ociety 5.0 A human-centered society that balances economic advancement with the resolution of social problems by a system that highly integrates cyberspace and physical space,‖ The British University in Dubai, Doha, 2018.

N. L. C. Lie dan D. N. K. Darmasetiawan, ―PENGARUH SOFT SKILL TERHADAP KESIAPAN KERJA MENGHADAPI MASYARAKAT EKONOMI ASEAN PADA MAHASISWA S1 FAKULTAS BISNIS DAN EKONOMIKA UNIVERSITAS SURABAYA,‖ Calyptra, vol. 6, no. 2, pp. 1496-1514, 2018.

R. Usmi dan S. Samsuri, ―Urgensi Pendidikan Kewarganegaraan Global dalam Kurikulum Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Abad 21,‖ JIPPK, vol. 7, no. 1, hlm. 149, Mar 2022, doi: 10.17977/um019v7i1p149- 160.

A. P. Kirani dan F. U. Najicha, ―Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Pedoman dalam Menghadapi Era Society 5.0 Mendatang,‖ educatio, vol. 8, no. 2, hlm. 767–773, Jun 2022, doi: 10.31949/educatio.v8i2.2391.

D. Setiawan dan M. Lenawati, ―Peran dan Strategi Perguruan Tinggi dalam Menghadapi Era Society 5.0,‖ RESEARCH, vol. 3, no. 1, hlm. 1, Apr 2020, doi: 10.25273/research.v3i1.4728.

B. Handitya, ―MEMBANGUN KARAKTER PANCASILA DALAM MENGHADAPI ERA SOCIETY 5.0,‖ 2021.

F. E. Nastiti dan A. R. Ni’mal, ―Kesiapan Pendidikan Indonesia Menghadapi era society 5.0‖.

H. I. N. Fadhila dan F. U. Najicha, ―PENTINGNYA MEMAHAMI DAN MENGIMPLEMENTASIKAN NILAI- NILAI PANCASILA DI LINGKUNGAN MASYARAKAT,‖ vol. 4, no. 2, 2021.

A. Basit dan K. Komalasari, ―Dampak isu-isu global dalam perkembangan pendidikan kewarganegaraan di Indonesia,‖ vol. 22, no. 2, 2023.

A. Sadiyoko dan C. F Naa, ―Industry 4.0: Pengaruhnya Terhadap Rencana Strategis Pengembangan Jangka Panjang Teknik Mekatronika UNPAR,‖ joki, vol. 10, no. 2, hlm. 85, 2018, doi: 10.5614/joki.2018.10.2.2.

Y. Shiroishi, K. Uchiyama, dan N. Suzuki, ―Society 5.0: For Human Security and Well-Being,‖ Computer, vol. 51, no. 7, hlm. 91–95, Jul 2018, doi: 10.1109/MC.2018.3011041.

Sebelas Maret University dan F. Teknowijoyo, ―Relevansi Industri 4.0 dan Society 5.0 Terhadap Pendidikan Di Indonesia,‖ Educatio, vol. 16, no. 2, hlm. 173–184, Jan 2022, doi: 10.29408/edc.v16i2.4492.

Y. Lu, J. S. Adrados, S. S. Chand, dan L. Wang, ―Humans Are Not Machines—Anthropocentric Human– Machine Symbiosis for Ultra-Flexible Smart Manufacturing,‖ Engineering, vol. 7, no. 6, hlm. 734–737, Jun 2021, doi: 10.1016/j.eng.2020.09.018.

F. Shandi, A. Hasyim, dan M. MonaAdha, ―HUBUNGAN PEMAHAMAN EMPAT PILAR KEBANGSAAN DENGAN SIKAP SISWA MENGHADAPI ARUS GLOBALISASI‖.

D. Asyari dan D. A. Dewi, ―Peran Pendidikan Kewarganegaraan bagi Generasi Milenial dalam Menanamkan Jiwa Nasionalisme Di Era Globalisasi,‖ JPDK, vol. 3, no. 2, hlm. 30–41, Jun 2021, doi: 10.31004/jpdk.v3i2.1628.

R. Adawiah, ―STRATEGI GURU PKN MENANAMKAN KARAKTER SOPAN SANTUN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SMP NEGERI 3 BANJARMASIN,‖ vol. 6, 2016.

A. P. Belladonna dan S. N. Anggraena, ―PENGUATAN PENGETAHUAN KEWARGANEGARAAN (CIVIC KNOWLEDGE) DALAM MENINGKATKAN KESADARAN HUKUM MAHASISWA,‖ J-PKN, vol. 3, no. 2, hlm. 196, Des 2019, doi: 10.31571/pkn.v3i2.1442.

H. S. Wahyudi dan M. P. Sukmasari, ―TEKNOLOGI DAN KEHIDUPAN MASYARAKAT,‖ Jurnal Analisa Sosiologi, vol. 3, no. 1, Jan 2018, doi: 10.20961/jas.v3i1.17444.

T. N. Faridah, D. A. Dewi, dan Y. F. Furnamasari, ―Meningkatkan Karakter Generasi Muda di Era 5.0 Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan,‖ vol. 5, 2021.

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-11

Cara Mengutip

Prabowo, I. A. (2024). TRANSFORMASI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM DINAMIKA PERKEMBANGAN GLOBAL PADA ERA SOCIETY 5.0. Prosiding Seminar Nasional PPKn FKIP UNS, 7(1), 230–238. Diambil dari https://seminar.mediainformasipkn.id/index.php/Prosiding/article/view/89