EKSISTENSI KAMPUS MENGAJAR DALAM DINAMIKA PERKEMBANGAN GLOBAL 5.0 SEBAGAI PROGRAM PEMENUHAN HAK DAN KEWAJIBAN WARGA NEGARA

Penulis

  • Nova Reonald Andika

Kata Kunci:

Kampus Mengajar, Era 5.0, Hak dan Kewajiban

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan eksistensi Kampus Mengajar dalam dinamika perkembangan global 5.0 sebagai program pemenuhan hak dan kewajiban warga negara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan cara observasi dan studi dokumen. Hasil yang didapat dalam penelitian ini adalah Program Kampus Mengajar menjadi suatu program yang memiliki peran penting dalam memperbaiki sistem pendidikan nasional disaat pandemic dan pasca pandemic Covid-19. Mahasiswa sebagai pelaksana program berkolaborasi dengan guru untuk meningkatkan variasi pembelajaran disekolah untuk mencapai tujuan pembelajaran yang berkesan bagi peserta didik. eksistensi Program Kampus Merdeka yang meningkatkan pemenuhan hak dan kewajiban warga negara dalam pendidikan khususnya peran mahasiswa sebagai bentuk pengabdian terhadap bangsa dan negara.

Referensi

Widyasari, A., Widiastono, M. R., Sandika, D., & Tanjung, Y. (2022). Fenomena Learning Loss Sebagai Dampak Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19. BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology), 5(1), 297-302. Available at : https://jurnaltest.uisu.ac.id/index.php/best/article/view/5144/4003.

Rahma, F. I., & Jamuin, M. A. (2012). Peran Pendidik dalam Sistem Pendidikan. Available at: https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/bitstream/handle/11617/2912/5.%20FAHMAWATI.pdf?sequence=1&isAllowed=

Kampus Merdeka. Program Kampus Mengajar. Available at : https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/program/mengajar

Haw, C. (2023). PERKEMBANGAN TERKINI DALAM TEKNOLOGI SISTEM PENDIDIKAN TRANSFORMASI PEMBELAJARAN DAN PENGAJARAN DI ERA DIGITAL. Jurnal Teknologi Terkini, 3 (4).

Galang, Rifa’i,Nazar,Yuli M.(2022). Program Kegiatan Kampus Mengajar Membantu Proses Pembelajaran Literasi,Numerasi, Adaptasi

Tegnologi dan Administrasi di SD N IT Ulul Albaab Bengkulu. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata.672-678.

Kemendikbud.(2021). Mengenal Lebih Dekat Program Kampus Mengajar. Available at : https://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/mengenal-lebih-dekat-program-kampus-mengajar.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Undang Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-11

Cara Mengutip

Andika, N. R. (2024). EKSISTENSI KAMPUS MENGAJAR DALAM DINAMIKA PERKEMBANGAN GLOBAL 5.0 SEBAGAI PROGRAM PEMENUHAN HAK DAN KEWAJIBAN WARGA NEGARA. Prosiding Seminar Nasional PPKn FKIP UNS, 7(1), 301–307. Diambil dari https://seminar.mediainformasipkn.id/index.php/Prosiding/article/view/76