PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PROYEK PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA PESERTA DIDIK DALAM MENGHADAPI DINAMIKA PERKEMBANGAN GLOBAL DI ERA SOCIETY 5.0
Kata Kunci:
Pendidikan karakter, kurikulum merdeka, projek profil pelajar Pancasila, peserta didik, perkembangan globalAbstrak
Artikel ini meneliti peran proyek profil pelajar Pancasila dalam memperkuat pendidikan karakter peserta didik di era Society 5.0. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data dan sumber relavan penelitian ini adalah literatur riview. Artikel berfokus pada karakter siswa Indonesia dalam menghadapi dinamika perkembangan global. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kurikulum mandiri, dengan pengembangan profil siswa Pancasila, terbukti paling efektif dalam membangun karakter siswa. Pembelajaran berbasis proyek mendorong siswa aktif mengembangkan profilnya. Profil Pelajar Pancasila mencetak generasi berkarakter dan cakap hadapi era Society 5.0. Peserta didik diharapkan dapat memantapkan nilai-nilai luhur Pancasila dan menjadi masyarakat yang menjunjung tinggi nilai-nilai tersebut dalam menghadapi dinamika perkembangan global. Secara keseluruhan, penelitian ini menunjukkan bahwa proyek profil pelajar Pancasila merupakan strategi yang efektif dalam membangun karakter siswa Indonesia di era Society 5.0. Pendekatan holistik ini diharapkan dapat menghasilkan peserta didik yang berkarakter mulia dan siap berkontribusi bagi bangsa dan negara dalam menghadapi era Society 5.0.
Referensi
D. N. Oktavia Rahayu, D. Sundawa, and E. Wiyanarti, “Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Dalam Membentuk Karakter Masyarakat Global,” Visipena, vol. 14, no. 1, pp. 14–28, 2023.
R. Rahayu, R. Rosita, Y. S. Rahayuningsih, A. H. Hernawan, and P. Prihantini, “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak,” J. Basicedu, vol. 6, no. 4, pp. 6313–6319, 2022.
A. T. Purnawanto, “Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran Kurikulum Merdeka,” J. Ilm. Pedagog., vol. 21, no. 1, p. 78, 2022.
Nahdiyah, U, A. Arifin, and Juharyanto, “Pendidikan Profil Pancasila Di Tinjau dari Kurikulum Merdeka,” Semin. Nas. Manaj. Strateg. Pengemb. Profil Pelajar Pancasila pada PAUD dan Pendidik. Dasar, no. 5, pp. 1–8, 2022.
D. Rahmaniar Kurniastuti, “Implementasi Profil Pelajar Pancasila sebagai Salah Satu Bentuk Pendidikan Karakter Pada Siswa SMP,” Semin. Nas. Sos. Sains, Pendidikan, Hum., vol. 1, pp. 287 – 293, 2022.
B. Nugroho, “Filosofi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara Basis Dalam Merdeka Belajar Untuk Mencetak Manusia Indonesia Berkarakter,” Psiko Edukasi, vol. 21, no. 1, pp. 28–40, 2023.
E. A. Cahyono, Sutomo, and A. Harsono, “Literatur Review: Panduan Penulisan dan Penyusunan,” J. Keperawatan, p. 12, 2019. Kemendikbud, “Kajian Pengembangan Profil Pelajar Pancasila,” vol. 11, no. 1, pp. 1–65, 2020.
M. Janah, F. Munawwaroh, Z. Fuadah, and M. Fikri, “Upaya Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Membangun Profil Pelajar Pancasila Di SMA Pada Era 5 . 0,” vol. 4, no. April, pp. 10–20, 2024.
K. Setyowati, I. Arifin, and Juharyanto, “Kisi-Kisi dan Prinsip-Prinsip Profil Pelajar Pancasila,” Semin. Nas. Manaj. Strateg. Pengemb. Profil Pelajar Pancasila Pada Pendidik. Anak Usia Dini dan Pendidik. Dasar, vol. 1, no. 5, pp. 1–8, 2022.
Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia, “Salinan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran,” p. 112, 2022.
D. Anggraini, N. Anisa, and F. Erika, “Implementasi projek penguatan profil pelajar dalam membangun karakter peserta didik melalui kegiatan perancangan film dokumenter permainan rakyat melayu …,” Naut. J. Ilm. …, vol. 2, no. 1, pp. 8–17, 2023.