DINAMIKA PERKEMBANGAN GLOBAL DI INDONESIA DITINJAU DARI PERSPEKTIF KEWARGANEGARAAN DAN IDENTITAS NASIONAL
Kata Kunci:
globalisasi, identitas nasional, pendidikan multikulturalAbstrak
Dinamika perkembangan global merujuk pada perubahan, pola, dan tren yang terjadi di tingkat global di berbagai aspek kehidupan, seperti politik, sosial, ekonomi, lingkungan, dan budaya. Salah satu perkembangan global yaitu perkembangan globalisasi yang mempengaruhi perubahan kehidupan manusia. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis dinamika perkembangan global di Indonesia berupa dampak globalisasi ditinjau dari perspektif kewarganegaraan dan identitas nasional. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan kepustakaan (library research), yang merupakan kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan metode pengumpulan data pustaka, membaca, dan mencatat, serta mengolah bahan penelitian menjadi suatu pembahasan yang utuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dinamika perkembangan global berupa globalisasi memberikan dampak terhadap identitas nasional. Globalisasi menggeser atau meratakan perbedaan budaya lokal. Keadaan saat ini menunjukkan bahwa secara sadar generasi muda mulai tidak tertarik pada budaya lama dan lebih memilih untuk menerapkan budaya baru yang banyak muncul di media digital. Budaya baru tersebut dianggap lebih menyenangkan hati generasi muda daripada budaya-budaya masyarakat lokal yang dianggap terlalu “ketinggalan zaman”. Simpulan yang didapatkan dalam penelitian ini yaitu dinamika perkembangan global berupa globalisasi memberikan dampak yang serius terhadap identitas nasional. Hal ini dikarenakan Indonesia sebagai negara multikultural dan memiliki berbagai macam keberagaman yang menjadi kekuatan sekaligus tantangan dalam menjalani peran kewarganegaraan. Bentuk usaha yang dapat dilakukan oleh warna negara untuk mempertahankan identitas nasional Indonesia yakni melalui pendidikan multikultural bagi warga negara. Pendidikan multikultural sangat diperlukan di Indonesia, sebab keanekaragaman sumber daya alam (SDA) dan sumber daya manusia (SDM) yang berhasil diberdayakan melalui pendidikan dapat memberikan dampak yang positif bagi bangsa Indonesia. Bangsa Indonesia dapat menjadi bangsa yang cerdas serta berkembang menjadi bangsa yang kuat, aman, bebas korupsi, sejahtera, adil dan makmur. Selain itu, dalam waktu jangka panjang, bangsa Indonesia akan menjadi negara yang bermartabat tinggi, dihormati, serta disegani oleh bangsa lain.
Referensi
D. Y. Hani dan F. U. Najicha, “DINAMIKA KEWARGANEGARAAN DALAM ERA GLOBALISASI: TANTANGAN DAN PELUANG.”
R. Usmi, “Analisis Kewarganegaraan Global dalam Konteks Pendidikan Kewarganegaraan,” 2023.
A. H. Ramdhani, “TRANSFORMASI ETNO-MUSIK TRADISIONAL SASAK; EVOLUSI BUDAYA DAN PERTENTANGAN KELAS.”
L. R. Aulia, D. A. Dewi, dan Y. F. Furnamasari, “Mengenal Indentitas Nasional Indonesia Sebagai Jati Diri Bangsa untuk Menghadapi Tantangan di Era Globalisasi”.
P. Hajri, “Kajian Komparasi Dinamika Pendidikan Kewarganegaraan di Indonesia dan Malaysia,” vol. 14, no. 1, hlm. 42–54, 2023, doi: 10.21831/foundasia.
A. Azzahra Julianty, D. A. Dewi, dan Y. F. Furnamasari, “Pengaruh Globalisasi Terhadap Eksistensi Identitas Nasional Bangsa Indonesia Saat ini,” 2022.
J. I. Kajian, P. Kewarganegaraan, B. N. Ulhaq, dan I. Anshori, “JURNAL GLOBAL CITIZEN IDENTITAS NASIONAL SUATU BANGSA DAN NEGARA SERTA PERANAN PENTING KONSTITUSI DALAM KEHIDUPAN BERNEGARA.” [Daring]. Tersedia pada: https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/glbctz
A. Istianah dan K. Komalasari, “MEMBANGUN JATI DIRI BANGSA DAN KARAKTER KEKINDONESIAAN DALAM MENGHADAPI TANTANGAN ISU GLOBAL MELALUI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN ARTICLE INFO ABSTRACT,” 2023, [Daring]. Tersedia pada: https://jurnal.iainponorogo.ac.id/index.php/asanka
A. R. Hakim dan J. Darojat, “Pendidikan Multikultural dalam Membentuk Karakter dan Identitas Nasional,” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, vol. 8, no. 3, hlm. 1337–1346, Jul 2023, doi: 10.29303/jipp.v8i3.1470.
“3391-Article Text-5974-1-10-20220610”.