Peran Strategis Guru Pendidikan Pancasila Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pancasila Melalui Kegiatan Pembelajaran Sebagai Upaya Mempersiapkan Generasi Society 5.0

Penulis

  • Anggi Ayu Nurjanah

Kata Kunci:

pendidikan pancasila, era Society 5.0

Abstrak

Pancasila merupakan nilai yang sangat penting untuk ditanamkan kepada generasi yang akan membentuk bangsa, karena mereka adalah generasi yang akan memimpin bangsa di masa depan, tentulah harus mengetahui dasar-dasar bangsa dan latar belakang berdirinya. Sehingga, dalam penanaman nilai-nilai Pancasila tak lepas dari Pendidikan dan peran pendidik. Penanaman nilai Pancasila mencakup pengembangan keterampilan, nilai, dan sikap positif agar peserta didik memiliki nilai-nilai yang diharapkan dan mampu memberikan kontribusi positif kepada masyarakat. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pembelajaran Pendidikan Pancasila sebagai upaya mempersiapkan generasi Society 5.0. Metode penelitian yang digunakan adalah kajian pustaka dari berbagai literatur yang dikumpulkan dari sumber-sumber terpercaya seperti jurnal ilmiah, buku-buku terkait, dan publikasi relevan lainnya. Hasil penelitian yaitu mengetahui mengenai pembelajaran Pendidikan Pancasila sebagai upaya untuk mempersiapkan generasi Society 5.0. Memiliki pemahaman teoritis saja tidak cukup, karena pendidikan khususnya pendidik harus membantu mengajarkan siswa untuk menggunakan teknologi secara bijak dan bertanggung jawab serta menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila di era Society 5.0.

Referensi

A. Adel, “Future of industry 5.0 in society: Human-Centric Solutions, challenges and prospective research areas,” Journal of Cloud Computing, vol. 11, no. 1, Sep. 2022. doi:10.1186/s13677-022-00314-5

Wigena et al., “Pengaruh Era Society 5.0 Terhadap Nilai-Nilai Pancasila Yang Menjadi Tantangan Masyarakat Indonesia,” Jurnal Kewarganegaraan, vol. 6, no. 1, Jun. 2022. E-ISSN: 2723-2328

Salim., & Syahrum. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Citapustaka Media. hal 41. 2012. [

Daniel. E, & Warsiah, “Metode Penulisan Karya Ilmiah,” Bandung: Laboratorium PKn Universitas Pendidikan Pancasila. 2009.

N. A. Setiawati, Elan, and B. R. Rachman, “PERAN PENDIDIKAN PANCASILA DI MASA SOCIETY 5.0,” Jurnal Kewarganegaraan, vol. 6, no. 1, pp. 875–880, Jun. 2021.

N. P. Sri Pinatih, “Pembelajaran Menyenangkan dalam Menyongsong Era Society 5.0,” Prosiding IAHN. 2020

I. Suyitno, “Pengembangan pendidikan Karakter Dan Budaya Bangsa Berwawasan Kearifan Lokal,” Jurnal Pendidikan Karakter, vol. 3, no. 1, doi:10.21831/jpk.v0i1.1307 . Jun. 2013.

ND Saragih, “Menyiapkan Pendidikan dalam Pembelajaran di Era Socienty 5.0,” Universitas HKBP Nomensen, 2022.

Ria, Desi Rosa, “GURU KREATIF DI ERA SOCIETY 5.0,” PROSIDING SEMINAR NASIONAL PROGRAM PASCASARJANA. Universitas PGRI PalembangUniversitas PGRI Palembang, 2022

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-11

Cara Mengutip

Nurjanah, A. A. (2024). Peran Strategis Guru Pendidikan Pancasila Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pancasila Melalui Kegiatan Pembelajaran Sebagai Upaya Mempersiapkan Generasi Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional PPKn FKIP UNS, 7(1), 32–37. Diambil dari https://seminar.mediainformasipkn.id/index.php/Prosiding/article/view/5