IMPLEMENTASI NILAI PANCASILA: PENEGAKAN HAK ASASI MANUSIA (HAM) DI PERGURUAN TINGGI ERA SOCIETY 5.0

Penulis

  • Arifka Maharani

Kata Kunci:

Pancasila, Hak Asasi Manusia, Perguruan Tinggi, Era Society 5.0

Abstrak

Penulisan artikel ilmiah ini untuk mendiskripsikan kasus yang terjadi di lingkungan Perguruan Tinggi Era Society 5.0; mendiskripsikan keterkaitan Pancasila dengan pelanggaran Hak Asasi Manusia di lingkungan Perguruan Tinggi; dan memberikan solusi dalam penegakan pelanggaran Hak Asasi Manusia yang terjadi di Perguruan Tinggi Era Society 5.0. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yang digunakan sebagai bahan penyusunan artikel adalah studi kepustakaan (library research). Analisis data yang dilakukan oleh penulis adalah metode analisis deskriptif kualitatif. pelanggaran HAM hingga saat ini masih sering terjadi di Perguruan Tinggi. Pelanggaran Hak Asasi Manusia perlu segera ditangani dan diselesaikan untuk mencegah kenaikan tingkat pelanggaran Hak Asasi Manusia agar tidak merugikan orang lain. Nilai Pancasila dapat dijadikan landasan bagi para mahasiswa dalam berperilaku untuk meningkatkan kesadaran pentingnya menghargai dan menghormati Hak Asasi Manusia (HAM). Mahasiswa memegang posisi, potensi, dan peran yang penting dalam sebuah Masyarakat Era Society 5.0. Mahasiswa diharapkan mahasiswa mampu mengambil peranan dalam rangkaian upaya pembangunan nasional yaitu agen perubahan serta pengawas proses perubahan.

Referensi

W. and B. M. Kusuma, "MAPPING ISU JURNAL BERBASIS PENGARUSUTAMAAN GENDER DAN HAM PADA PERGURUAN TINGGI DI INDONESIA," Jurnal Studi Gender dan Islam, vol. 18, no. 1, pp. 45-49, 2019.

Y. Sabila, K. Bustamam and B. Badri, "LANDASAN TEORI HAK ASASI MANUSIA DAN PELANGGARAN HAK ASASI MANUSIA," Jurnal Justisia Jurnal Ilmu Hukum Perundang-undangan dan Pranata Sosial, vol. 3, no. 2, 2019.

M. Alim, "Demokrasi dan Hak Asasi Manusia Dalam Konstitusi Madinah dan Undang-Undang Dasar 1945," UII Press, p. 39.

K. Artadianti and A. Subowo, "Implementasi Sekolah Ramah Anka (SRA) Pada Sekolah Percontohan Di SD Pekunden 01 Kota Semarang

Sebagai Upaya Untuk Mendukung Program Kota Layak Anak (KLA)," Jurnal Informasi dan Pemodelan Kimia, vol. 53, no. 9, pp. 1689-1699,

K. Yosada and A. Kurniati, "Menciptakan Sekolah Ramah Anak. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa," vol. 5, no. 2, pp. 145-155, 2019.

J. A. Dewantara, T. H. Nurgiansah and F. Rachman, "Mengatasi Pelanggaran Hak Asasi Manusia dengan Model Sekolah Ramah HAM

(SR-HAM)," Jurnal Ilmu Pendidikan, vol. 3, no. 2, pp. 261- 269, 2021.

Z. R. Wulandari, N. Azzahra, . P. Wulandari, . H. and . G. Santoso, "Memperkuat Jiwa Kewarganegaraan di Era Digital dengan Pendidikan Kewarganegaraan yang Komprehensif," Jurnal Pendidikan Transformatif (Jupetra), vol. 2, no. 2, pp. 415-422, 2023.

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-11

Cara Mengutip

Maharani, A. . (2024). IMPLEMENTASI NILAI PANCASILA: PENEGAKAN HAK ASASI MANUSIA (HAM) DI PERGURUAN TINGGI ERA SOCIETY 5.0. Prosiding Seminar Nasional PPKn FKIP UNS, 7(1), 441–451. Diambil dari https://seminar.mediainformasipkn.id/index.php/Prosiding/article/view/41