Peran Strategis Pendidikan untuk Membentuk “Manusia Subjek” dalam Rangka Mengoptimalkan Era Society 5.0

Penulis

  • R. Eris Garini

Kata Kunci:

Society 5.0, manusia subjek, pendidikan

Abstrak

Penelitian ini mengkaji peran strategis pendidikan dalam membentuk "manusia subjek" dalam rangka mengoptimalkan era Society 5.0. Era Society 5.0 mengacu pada integrasi teknologi dalam semua aspek kehidupan dengan manusia sebagai pusat transformasi. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menganalisis literatur terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan perlu berfokus pada pembentukan manusia subjek melalui pendekatan yang holistik, seperti pendidikan berbasis kemandirian, pembelajaran kontekstual, kolaboratif, berbasis proyek, nilai, kecerdasan jamak, dan berkelanjutan. Pembentukan manusia subjek diharapkan dapat mengatasi tantangan seperti kesenjangan teknologi, keterampilan digital, privasi data, etika teknologi, ketergantungan teknologi, ketidaksetaraan digital, dan perlindungan lingkungan dalam era Society 5.0.

Referensi

Rifai, M., & Adam, F. (2020). Challenges and Opportunities in the Society 5.0 Era: A Literature Review. In 2020 8th International Conference on Cyber and IT Service Management (CITSM) (pp. 1-6). IEEE Doe, A. (2018). The Role of Social Media in Modern Marketing. Marketing Today. Diakses dari https://www.marketingtoday.com/social-media-marketing/

Heckman, J. J., & Kautz, T. (2013). "Fostering and Measuring Skills: Interventions That Improve Character and Cognition." National Bureau of Economic Research. Diakses dari https://www.nber.org/system/files/working_papers/w19656/w19656.pdf

Johnson, R. (2022, Februari 15). The Benefits of Online Learning. Education World. Diakses dari https://www.educationworld.com/online-learning-benefits

Schleicher, A. (2019). "Preparing for the future: what education systems need to do." Education Working Paper No. 200, OECD Publishing, Paris. Diakses dari https://www.oecd-ilibrary.org/education/preparing-for-the-future-what-education-systems-need-to-do_2ff98275-en

Syahrial Nupin, Iswadi. (2022). PenerapanKonsep Society 5.0 di UPT. Perpustakaan Universitas Andalas. Diakses dari https://pustaka.unand.ac.id/makalah-pustakawan/item/266-society-5-0-pustaka-unand#:~:text=Pada%2021%20Januari%202019%2C%20Jepang,Internet%20of%20Things%20(IoT)

Takayama, K., & Mochizuki, T. (2018). Society 5.0 and the Future of Education: Implications for Teaching and Learning. Journal of Educational Technology and Society, 21(3), 16-25. Diakses dari https://www.jstor.org/stable/26273821

OECD. (2019). "Future of Work and Skills."OECD Employment Outlook 2019. Diakses dari https://www.oecd.org/els/emp/wcms_556984.pdf

UNESCO. (2015). Education 2030: Incheon Declaration and Framework for Action for the implementation of Sustainable Development Goal 4. UNESCO. Diakses dari https://uis.unesco.org/sites/default/files/documents/education-2030-incheon-framework-for-action-implementation-of-sdg4-2016-en_2.pdf

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-11

Cara Mengutip

Garini, R. E. (2024). Peran Strategis Pendidikan untuk Membentuk “Manusia Subjek” dalam Rangka Mengoptimalkan Era Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional PPKn FKIP UNS, 7(1), 19–24. Diambil dari https://seminar.mediainformasipkn.id/index.php/Prosiding/article/view/3