WORKSHOP PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERBASIS PROYEK BERBANTUAN APLIKASI PENILAIAN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA
Kata Kunci:
Alur Tujuan Pembelajaran, Modul Ajar, Aplikasi PenilaianAbstrak
Permasalahan yang dihadapi mitra berupa kesulitan guru dalam mengembangkan modul ajar berbasik proyek dan pemanfaatan TPACK. Solusi yang ditawarkan berupa workshop pengembangan modul ajar berbasis proyek berbantuan aplikasi penilaian. Metode pengabdian yang digunakan berupa workshop dengan model blended learning, yaitu kombinasi kegiatan luring/ tatap muka dan secara daring. Hasil pengabdian yang akan dicapai berupa tersedianya modul ajar ajar berbasis proyek dengan berbantuan aplikasi penilaian. Luaran wajib yang ditargetkan berupa publikasi pada jurnal nasional bereputasi, sedangkan luaran tambahan berupa publikasi pada media online dan video pengabdian.
Referensi
. Kemendikbud, 2022, Tahapan Implementasi Kurikulum Merdeka, https://kurikulum- demo.simpkb.id/tahapan-ikm/
. Megandarisari, M., 2021, Adaptasi kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini di masa pandemi COVID-19. Inovasi Kurikulum, 18(1), 1–9. https://doi.org/10.17509/jik.v18i1.35868
. Yanti, A. A., & Fernandes, R., 2021, Adaptasi guru terhadap pembelajaran pada masa pandemi COVID-19 (studi kasus Guru MAN 2 Kota Padang Panjang). Jurnal Perspektif, 4(3), 459. https://doi.org/10.24036/perspektif.v4i3.479.
. Tono Supriatna Nugraha, 2022, Kurikulum Merdeka untuk Pemulihan Krisis Pembelajaran, https://ejournal.upi.edu/index.php/JIK/article/view/45301/pdf.
. Ainia, D. K., 2020, Merdeka Belajar dalam Pandangan Ki Hajar Dewantara dan Relevansinya bagi Pengembangan Pendidikan Karakter, Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 95-101.
. Yamin, M & Syahrir, S., 2020, Pengembangan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), 126-136, https:/doi.org/10.36312/jime.v6il.1121.
. Satriawan, dkk., 2021, Guru Penggerak dan Transformasi Sekolah. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam Vol 11(1), 1-12.
. Sibagariang, dkk., 2021, Peran Guru Penggerak dalam Pendidikan. Jurnal Dinamika Pendidikan, 14(2), 88099, https://doi.org/https://doi.org/10.51212/jdp.v14i2.53.
. Educational Technology Division, Ministry of Education, 2006, Project Base Learning Handbook "Educating the Milennial Leaner". Educational Technology DivisionMinistry of Education, Malaysia.
R. Febriana, R. Yusri, and H. Delyana, “MODUL GEOMETRI RUANG BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KREATIVITAS PEMECAHAN MASALAH,” AKSIOMA J. Progr. Stud. Pendidik. Mat., vol. 9, no. 1, pp. 93–100, Mar. 2020, doi: 10.24127/ajpm.v9i1.2591.
B. O. Innocent, “The impact of effective planning on teaching and learning among some selected secondary school students in Ethiope West Local Government Area of Delta State,” Direct Res. J. Educ. Vocat. Stud., vol. 3, no. December, pp. 113–120, 2021.
S. Karta Sasmita, F. Sodikoh, F. Fadillah, N. Amin, and A. Taslimah, “Problem dan Produk Pengembangan Kurikulum,” 2023.
M. H. Y. Setiawan and F. F. Sufa, “Memberikan Pendalaman Kreatifitas Guru Dalam Pembelajaran Saintifik,” Adi Widya J. Pengabdi. Masy., vol. 4, no. 1a, p. 66, 2020, doi: 10.33061/awpm.v4i1a.3870.
N. Ranjan, “Role of Assessment and Evaluation of Students in Educational System of India,” J. Emerg. Technol. Innov. Res., vol. 6, no. 6, pp. 164–169, 2019.