Pemanfaatan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Information and Comumunciation Technology (ICT) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila di Era Society 5.0

Penulis

  • Dhiya Shafa Salsabila

Kata Kunci:

media pembelajaran interaktif, TIK, Pendidikan Pancasila

Abstrak

Pada penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode studi literatur. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mengenai pemanfaatan media pembelajaran interaktif berbasis ICT pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila pada era society 5.0. Dalam dunia pendidikan, dapat mengikuti pesatnya perkembangan teknologi dan memanfaatkan teknologi sebagai cara yang lebih modern untuk meningkatkan proses pembelajaran. Di era society 5.0, proses pembelajaran meliputi teknologi informasi modern misalnya presentasi interaktif, video digital, dan animasi. Pemanfaatan teknologi ini diharapkan dapat mengubah pola pikir pembelajaran dari yang berpusat pada guru menjadi berpusat pada peserta didik. Selain itu, perkembangan teknologi juga mempengaruhi penggunaan media pembelajaran interaktif. Pemanfaatan teknologi membuat proses pembelajaran menjadi lebih efektif dan menyenangkan bagi peserta didik. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk meningkatkan kesiapan teknologi dan kemampuan pendidik agar pembelajaran lebih efektif dan menyenangkan bagi peserta didik.

Referensi

“Pengertian It: Definisi dan Penjelasan Lengkap Menurut Ahli - Geograf.” Accessed: Apr. 13, 2024. [Online]. Available: https://geograf.id/jelaskan/pengertianit/#google_vignette

B. Rozi, “Problematika PendidikanIslam di Era Revolusi Industri 4.0.,” J. Pendidik. Islam, vol. 9, no. 1, pp. 33–47, 2020, doi: 10.38073/jpi.v9i1.204.

E. Nasution, “Problematika Pendidikan di Indonesia Oleh :,” Fak.ushuluddin dan dakwah IAIN Ambon, pp. 1– 10, 2008.

N. N. L. Handayani and N. K. E. Muliastrini, “Pembelajaran Era Disruptif Menuju Era Society 5.0 (Telaah Perspektif Pendidikan Dasar),” Pros. Webinar Nas. IAHN-TP Palangka Raya 2020, vol. 0, pp. 1–14, 2020, [Online]. Available: https://prosiding.iahntp.ac.id

K. N. S. Rahayu, “Sinergi pendidikan menyongsong masa depan

indonesia di era society 5.0,” Edukasi J. Pendidik. Dasar, vol. 2, no. 1, pp. 87–100, 2021.

D. Ramadhina and I. Rohman, “Problematika Guru dalam Penggunaan Video Youtube sebagai Media Pembelajaran di Sekolah Dasar,” Mimb. Ilmu, vol. 27, no. 1, pp. 117–123, 2022, doi: 10.23887/mi.v27i1.45598.

S. Arkün, “A Study on the development process of a multimedia learning environment according to the ADDIE model and students ’ opinions of the multimedia learning environment,” Interact. Educ. Multimed., vol. 17, no. 17, pp. 1–19, 2008.

A Fricticarani, K. Rahmadani, D. E. Subroto, and I. Risna, “PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ICT ( INFORMATION COMUNICATON TECHNOLOGES ) DALAM MENINGKATKAN SEMANGAT BELAJAR SISWA SMA NEGRI 1 PADARINCANG Universitas Bina Bangsa PENDAHULUAN Teknologi informasi dan komunikasi ( TIK ) telah menjadi b,” pp. 476–487.

F. Lafendry, “Implementasi Ict Dalam Proses Pembelajaran Di Sekolah,”

Tarbawi, vol. 5, no. 1, pp. 41–53, 2022, [Online]. Available: https://staibinamadani.e-journal.id/Tarbawi

U. Sultan and A. Tirtayasa, “PEMBELAJARAN,” vol. 6, no. 1, pp. 1470–1476, 2022.

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-11

Cara Mengutip

Salsabila, D. S. (2024). Pemanfaatan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Information and Comumunciation Technology (ICT) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila di Era Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional PPKn FKIP UNS, 7(1), 79–85. Diambil dari https://seminar.mediainformasipkn.id/index.php/Prosiding/article/view/12