KONTRIBUSI PENDIDIKAN KARAKTER GENERASI Z DALAM MENGHADAPI TANTANGAN DI ERA SOCIETY 5.0
Kata Kunci:
Generasi Z, Era Society 5.0, Tantangan, Kontribusi, Pendidikan KarakterAbstrak
Artikel ini berfokus pada kontribusi pendidikan karakter Generasi Z dalam menghadapi tantangan di era society 5.0. Metode yang digunakan yaitu tinjauan pustaka. Fokus kajian dalam artikel ini adalah: (1) Tantangan yang dihadapi Generasi Z di Era Society 5.0, dan (2) Kontribusi Pendidikan Karakter. Tujuan dari penulisan artikel ini adalah menyajikan hasil penelitian tentang Kontribusi Pendidikan Karakter Generazi Z dalam Menghadapi Tantangan Di Era Society 5.0. Hasil penelitian menunjukan banyak tantangan yang dihadapi Generasi Z seperti (1) Kurangnya pemahaman nilai-nilai tradisional (2) Kehilangan identitas (3) Tantangan moral. Kontribusi pendidikan karakter bagi Generasi Z dalam menghadapi tantangan di Era Society 5.0 antara lain: (1) Pembentukan Nilai dan Etika (2) Kemampuan Berpikir Kritis (3) Resiliensi dan Ketahanan Mental (4) Empati dan Keterlibatan Sosial (5) Pemahaman Etika Digital. Kesimpulannya, Pendidikan karakter memainkan peran yang krusial dalam membekali Generasi Z untuk menghadapi tantangan yang kompleks di Era Society 5.0.
Referensi
B. Wannesia, F. Rahmawati, F. Azzahroh, F. M. Ramadan, and M. E. Agustin, “Independent Learning Curriculum Learning Innovation in the Era of Society 5.0,” Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, vol. 16, no. 2, 2022.
Sugiarto and A. Farid, “Literasi Digital Sebagai Jalan Penguatan Pendidikan Karakter Di Era Society 5.0,” Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, vol. 6, no. 3, 2023, doi:10.37329/cetta.v6i3.2603.
W. Winarningsih, V. Lestari, R. Wardani, and M. M. Adha, “Penguatan Civic Virtue Pada Pembelajaran PPKN Dalam Rangka Menghadapi Era Society 5.0,” Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 2021.
M. Hijran, D. Oktariani, and Z. Rahmani, “Peran Mahasiswa Sebagai Generasi Muda dalam menghadapi Era Society 5.0,” Jurnal Kewarganegaraan, vol. 6, no. 4, 2022.
N. R. Wigena, M. Dzar Alghifari, N. Rosiana Kamilah, H. Nurhalimah, and R. Gustian Nugraha, “Pengaruh Era Society 5.0 Terhadap Nilai-Nilai Pancasila Yang Menjadi Tantangan Masyarakat Indonesia,” Jurnal Kewarganegaraan, vol. 6, no. 1, 2022.
U. Ngudi and W. Semarang, “Membangun Karakter Pancasila Dalam Menghadapi Era Society 5.0,” Jurnal Pancasila, vol. 2, no. 2, 2022.
R. P. Gulo, “Peran Generasi Z dalam Mengekspansi Misiologi di Era Society 5.0,” Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen, vol. 2, no. 1, 2023.
M. Subandowo, “Teknologi Pendidikan di Era Society 5.0,” Sagacious Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Sosial, vol. 9, no. 1, 2022.
. S., M. Noor, S. Andayani, and H. Harjoko, “PENGELOLAAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA BERBASIS BUDAYA SEKOLAH,” POACE: Jurnal Program Studi Adminitrasi Pendidikan, vol. 4, no. 1, 2024, doi:10.24127/poace.v4i1.4302.
R. N. Dermawan et al., “Penguatan Pendidikan Karakter Anak Berbasis Nilai Budaya Melalui Cerita Rakyat dan Tembang Jawa,” Surya Abdimas, vol. 8, no. 1, 2024, doi: 10.37729/abdimas.v8i1.3473.
O. : Ahmad and T. Purnawanto, “Pendidikan Karakter Melalui Internalisasi Profil Pelajar Pancasila Dalam Kurikulum Merdeka,” Jurnal Ilmiah Pedagogy, vol. 23, 2024.
R. S. Agustina, M. A. Fajarani, H. S. Pratama, R. A. Ramadhon, and A. A. Bekti, “Penguatan pendidikan karakter dalam membangun moralitas dan etika yang baik pada generasi z,” Jurnal Politik, Sosial, Hukum dan Humaniora, vol. 2, no. 1, 2024.
R. Rifka and A. Quddus, “Analisis Kebijakan Pendidikan Karakter: Relevansi Pendidikan Karakter dalam Islam dengan Pendidikan Karakter Pancasila,” JIIP -Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, vol. 7, no. 2, 2024, doi: 10.54371/jiip.v7i2.3531.
M. I. Thonthowi, “Pengembangan Kurikulum Berbasis Pendidikan Karakter,” Jurnal Pendidikan Indonesia, vol. 5, no. 1, 2024, doi: 10.59141/japendi.v5i1.2653.
K. Sagala, L. Naibaho, and D. A. Rantung, “Tantangan Pendidikan karakter di era digital,” JURNAL KRIDATAMA SAINS DAN TEKNOLOGI, vol. 6, no. 01, 2024, doi: 10.53863/kst.v6i01.1006.