STRATEGI MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DENGAN MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN DIGITAL DI ERA SOCIETY 5.0

Penulis

  • Maetha Hendra Ardila

Kata Kunci:

Society 5.0, Pendidikan Pancasila, Keterampilan Digital Pendidik, Pembelajaran Kolaboratif, Sumber Daya Digital

Abstrak

Era Society 5.0 ditandai dengan terintegrasinya teknologi digital ke seluruh aspek masyarakat termasuk pendidikan, Dimana efektifitas pembelajaran pendidikan Pancasila menghadapi tantangan baru yaitu peralihan proses pembelajaran yang serba digital.. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi peningkatan kualitas pembelajaran pendidikan Pancasila di era Society 5.0 dengan mengembangkan keterampilan digital pendidik. Integrasi teknologi digital dalam pendidikan menimbulkan tantangan tersendiri dalam melaksanakan pembelajaran pendidikan Pancasila secara efektif. Oleh karena itu, penelitian ini menggali potensi strategi yang dapat diambil pendidik untuk mengatasi tantangan tersebut dan meningkatkan kualitas pembelajaran pendidikan Pancasila. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi literature. Studi literatur ini berfokus pada pemahaman tantangan yang dihadapi pendidik dalam mengintegrasikan teknologi digital ke dalam pembelajaran pendidikan Pancasila dan mengidentifikasi strategi potensial untuk mengatasi tantangan tersebut. Hasil penelitian ini menekankan pentingnya program pelatihan komprehensif bagi para pendidik, platform pembelajaran kolaboratif, dan pemanfaatan sumber daya digital. Strategi-strategi tersebut berpotensi memberikan kontribusi signifikan terhadap peningkatan pembelajaran pendidikan Pancasila di era Society 5.0, mendorong berkembangnya individu berwawasan luas yang dilengkapi dengan nilai moral dan kompetensi digital yang kuat.

Referensi

Yuniwati, Y., and Muhsinatun Siasah Masruri. "Peningkatan kualitas pembelajaran PPKn melalui penerapan problem based learning di SMP." Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS 3.2. 199-210. 2016.

Jornet, Alfredo; Moore, John W. Digital Skills: Definitions and Frameworks for Assessment. Journal Educational Technology & Society. 158-163. 2012.

Satariyah. Tantangan Guru Gagap Teknologi pada Pembelajaran Jarak Jauh. BDK Jakarta Kemenag RI. 2020

Umaroh, Laili Nur, and Moh Danang Bahtiar. "Pengaruh Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP), Penguasaan Teknologi Informasi, dan Penguasaan Materi Akuntansi Terhadap Kesiapan Mahasiswa Menjadi Guru Akuntansi Di Era Revolusi Industri 4.0." Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) 10.1: 17-30. 2022.

Antony Bryant and Kathy Charmaz. Literature Review and Constructivist Grounded Theory Method: Methodological Guidance for Research Practice. SAGE Open. Vol 4. 2014.

Kistiyono, A. Urgensi dan Penerapan Higher Order Thinking Skills di Sekolah.Jurnal Pendidikan Penabur, 17(31), 36–46. 2018.

Legi, Hendrik, Dapot Damanik, and Yoel Giban. "Transforming education through technological innovation in the face of the era of society 5.0." Educenter: Jurnal Ilmiah Pendidikan 2, no. 2. 2023.

Daga, AT. Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar.Jurnal Pendidikan FKIP UNMA,7(3): 1075–1090. 202.

Wulandari, Zahrah Rizka, et al. "Memperkuat Jiwa Kewarganegaraan di Era Digital dengan Pendidikan Kewarganegaraan yang Komprehensif." Jurnal Pendidikan Transformatif 2 (2) : 415- 424. 2023.

Indrianto, Nino, and Ilma Nikmatul Rochma. "Kolaborasi Antar Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Di Sekolah Dasar Islam Inklusi." AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam 7 (2): 165-175. 2020.

Toya, Jalin. "Evolusi Perpustakaan Dari Tradisional Ke Digital." Attractive: Innovative Education Journal 5(2): 56-64. 2023

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-11

Cara Mengutip

Ardila, M. H. (2024). STRATEGI MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DENGAN MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN DIGITAL DI ERA SOCIETY 5.0. Prosiding Seminar Nasional PPKn FKIP UNS, 7(1), 184–188. Diambil dari https://seminar.mediainformasipkn.id/index.php/Prosiding/article/view/46