PERAN PENDIDIKAN PANCASILA DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT DI ERA SOCIETY 5.0
Kata Kunci:
Era Society 5.0, partisipasi politik, Pendidikan PancasilaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendalami peran, tantangan, dan strategi Pendidikan Pancasila dalam meningkatkan partisipasi politik masyarakat di Era Society 5.0. Metode yang digunakan adalah studi kepustakaan dengan pendekatan deskriptif, mengandalkan pengumpulan data dari berbagai sumber sekunder seperti buku, jurnal, skripsi, dan berita. Artikel ini menyoroti pentingnya Pendidikan Pancasila dalam mempersiapkan generasi muda untuk menghadapidinamika Era Society 5.0 dengan terlibat aktif dalam kehidupan politik. Tantangan seperti penyebaran berita palsu atau hoaks, terutama melalui kejahatan siber, tetap menjadi permasalahan krusial. Turunnya partisipasi politik dan indeks demokrasi menegaskan perlunya Pendidikan Pancasila dalam membentuk karakter dan sikap demokratis. Usaha untuk meningkatkan literasi politik dan kesadaran kewarganegaraan, termasuk penggunaan media sosial yang bijak, menjadi pusat perhatian untuk mendorong partisipasi politik yang lebih aktif. Oleh karena itu, guru-guru Pendidikan Pancasila harus merancang strategi pembelajaran yang memfokuskan pada peningkatan partisipasi politik peserta didik khususnya, dan masyarakat pada umumnya, di Era Society 5.0.
Referensi
A. A. Nugraha, Y. K. R. D. Lukitaningtyas, A. Ridho, H. Wulansari, and R. A. Al Romadhona, "Cybercrime, Pancasila, and Society: Various Challenges in the Era of the Industrial Revolution 4.0," Indonesian Journal of Pancasila and Global Constitutionalism, vol. 1, no. 2, pp. 307-390, 2022.
A. D. Normansyah, I. A. Irliandi, and L. Sukarliana, "Pengaruh Tokoh Masyarakat terhadap Partisipasi Politik Masyarakat pada Pemilihan Kepala Desa," De Cive: Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, vol. 3, no. 10, 2023.
A. F. Munthe, M. J. Harahap, and Y. Fajri, "TUJUAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN," AMI JURNAL PENDIDIKAN DAN RISET, vol. 1, no. 1, pp. 29-40, Jun. 2023.
A. Farid, "Literasi Digital Sebagai Jalan Penguatan Pendidikan Karakter Di Era Society 5.0," Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, vol. 6, no. 3, pp. 580-597, 2023.
A. Z. Dakhi, "Analisis Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam Meningkatkan Partisipasi Politik bagi Peserta Didik," Attractive: Innovative Education Journal, vol. 5, no. 1, pp. 421- 427, 2023.
D. Kurniasari, M. N. Adhim, A. A. P. Putra, W. P. Laksono, and Y. D. Pristiani, "Implikasi Media Terhadap Dinamika Partisipasi Politik Di Era Digital," Philosophiamundi, vol. 1, no. 2, 2023.
F. Amalia, A. A. Pertiwi, and F. Sangadah, "The Urgency of Character Education in Facing the Challenges of the Era Society 5.0," in Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, vol. 6, no. 1, pp. 632-637.
M. D. Alfarisyi, N. Al Hasani, and S. T. Maulia, "Meningkatkan Partisipasi Politik Masyarakat Pada Pemilu Melalui Pendidikan Demokrasi," Civilia: Jurnal Kajian Hukum dan Pendidikan Kewarganegaraan, vol. 1, no. 1, pp. 151-161, 2022.
M. H. S. Rahayu, E. A. Gayatri, and T. Erawan, "Peranan Guru PKn untuk Meningkatkan Partisipasi Politik Siswa sebagai Pemilih Pemula di SMK Veteran 1 Sukoharjo," Civics Education and Social Science Journal (CESSJ), vol. 5, no. 2, pp. 84-93, 2023.
R. T. Rejekiningsih and E. Yuliandari, "Strategi Guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam Membentuk Sikap Demokratis Peserta Didik Untuk Meningkatkan Partisipasi Politik (Studi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Sumberlawang Sragen)," Educitizen, vol. 2, no. 1, 2017.
S. Erlinda and J. Arianto, "Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Terhadap Partisipasi Politik Mahasiswa FKIP UNRI," JISHUM: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, vol. 1, no. 3, pp. 341-352, 2023.
S. Tunggal, "Membangun Kesadaran Politik Warga Negara Melalui Pendidikan Kewarganegaraan," JOCER: Journal of Civic Education Research, vol. 1, no. 1, pp. 11-15, 2023.
T. H. Nurgiansah, "Petuah Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Kontestasi Politik," Academy of Education Journal, vol. 12, no. 1, pp. 39-47, 2021.
Universitas Islam Indonesia, "Politik Semakin Hangat, Hoaks Meningkat: Mengapa Selalu Terjadi Jelang Pemilu?," 2024. Tersedia: https://communication.uii.ac.id/politiksemakin-hangat-hoaks-meningkat-mengapaselalu-terjadi-jelang-pemilu?
"Angka Indeks Terus Turun, Demokrasi Indonesia Masih Cacat," Media Indonesia, 2024. Tersedia: https://mediaindonesia.com/politik-danhukum/651955/angka-indeks-terus-turundemokrasi-indonesia-masih-cacat
"Hoaks di Media Sosial Meningkat Jelang Kampanye Pemilu 2024," Databoks KataData, 2023. Tersedia: https://databoks.katadata.co.id/infografik/20 23/12/12/hoaks-di-media-sosial-meningkatjelang-kampanye-pemilu-2024
"Indeks Demokrasi Turun, Kebebasan Pers Turut Terancam," Kompas.id, 2024. Tersedia: https://www.kompas.id/baca/polhuk/2024/01 /31/indeks-demokrasi-turun-kebebasan-persturut-teranca
"Paradoks Demokrasi Di Indonesia Tahun 2014-2019: Analisis Prosedural Dan Substansial," Paradigma POLISTAAT: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, vol. 4, no. 1, pp. 27-47, 2021.
W. Wartisah and M. Mustari, "PERANAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI POLITIK SISWA SMA NEGERI 1 BRANG REA," Attractive: Innovative Education Journal, vol. 5, no. 1, pp. 1-1, Mar. 2023, ISSN: 2685-6085.
Y. I. Mahendra, "Paradoks Demokrasi Di Indonesia Tahun 2014-2019: Analisis Prosedural Dan Substansial," Paradigma POLISTAAT: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, vol. 4, no. 1, pp. 27-47, 2021.